Mustapa (2009) Pengaruh penerapan sistem modul dan sikap siswa terhadap hasil belajar menginstall Software Windows dan pengolah kata siswa SMK se-Kabupaten Kolaka / oleh Mustapa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu permasalahan pendidikan nasional adalah rendahnya mutu pendidikan khususnya pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah kejuruan bertujuan membekali siswa dengan kemampuan agar dapat bekerja pada berbagai sektor formal dan informal serta menciptakan lapangan kerja baik bagi dirinya maupun orang lain. Berdasarkan rasional bahwa strategi pembelajaran sepatutnya ditekankan pada interaksi dan aktifitas mandiri siswa untuk memperoleh kemampuan maka salah satu strategi pembelajaran efektif yang dapat menumbuhkan kemampuan siswa adalah pendekatan mengajar menggunakan modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara pendekatan mengajar menggunakan modul dengan pendekatan mengajar tanpa menggunakan modul. (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki sikap tinggi dengan siswa yang memiliki sikap rendah terhadap pelajaran (3) tingkat interaksi antara sikap siswa dan pendekatan mengajar (menggunakan modul dan tanpa modul) terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi. Rancangan terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk kebutuhan tersebut tentu saja memilih kelas-kelas yang relatif sama keadaan/kondisinya. Pelaksanaan eksperimen dalam penelitian ini akan membandingkan dua pendekatan mengajar yakni pendekatan menggunakan modul dan tanpa modul. Hasil penelitian ini menyimpulkan 1) Ada perbedaan hasil belajar menginstall software windows dan pengolah kata antara yang menggunakan modul dengan tanpa modul pada SMK se-Kabupaten Kolaka. 2) Ada perbedaan hasil belajar menginstall software windows dan pengolah kata antara sikap tinggi dengan sikap rendah pada SMK se-Kabupaten Kolaka. 3) Ada interaksi antara sikap siswa dengan pendekatan mengajar terhadap hasil belajar menginstall software windows dan pengolah kata pada SMK se-Kabupaten Kolaka. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut 1) Pembelajaran modul adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar motivasi siswa dan efektifitas pembelajaran. 2) Sikap adalah salah satu karakteristik siswa yang perlu mendapat perhatian dari para guru dan praktisi pendidikan disekolah. 3) Pembelajaran menggunakan modul dan tanpa modul dalam penerapannya mempunyai perbedaan-perbedaan namun kedua bentuk pembelajaran tersebut tidak bertentangan bahkan diharapkan dapat saling melengkapi agar pembelajaran disekolah lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |