Pengembangan instrumen asesmen proyek pada tema Tempat Tinggalku kelas IV sekolah dasar / Enya Dibna Dirigwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen proyek pada tema Tempat Tinggalku kelas IV sekolah dasar / Enya Dibna Dirigwa

Dirigwa, Enya Dibna (2016) Pengembangan instrumen asesmen proyek pada tema Tempat Tinggalku kelas IV sekolah dasar / Enya Dibna Dirigwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dirigwa Enya Dibna. 2016. PengembanganInstrumenAsesmenProyekpadaTemaTempatTinggalkuKelas IV SekolahDasar. Skripsi Prodi Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPra-Sekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Muchtar S.Pd. M.Si. Kata Kunci Instrumenasesmen asesmenproyek proyekkelas. Asesmen (penilaian) merupakankegiatanpengumpulan data untukkepentinganevaluasi. Dalampenilaianaspekketerampilan asesmenterdiridaritigajenissalahsatunyamelaluiasesmenproyek. Asesmenproyekmerupakanakibatdaridilaksanakannyapembelajaranberbasisproyek. Berdasarkanhasilwawancaradanobservasi ditemukanbahwasebagianbesar guru belummemilikiperangkatpenilaianproyeksebagaitindaklanjutdaripelaksanaanpembelajaranberbasisproyek. Sedangkaninstrumenasesmenproyekkelas yang dimiliki guru belumsesuaidenganketentuanKurikulum 2013. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkaninstrumenasesmenproyek yang dapatdigunakan guru dalammelaksanakanpenilaiandalampembelajaranberbasisproyek (proyekkelas). Instrumen yang dikembangkandikhususkanpadatema VIII (TempatTinggalku) untukkelas IV SekolahDasar (SD). Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiandanpengembangan (R D). Data yang dihasilkandalampenelitianiniberupa data kualitatifdan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukandengancarapengajuanangketvalidasiprodukkepadaahlimateridanpengguna (guru). Ujicobadilakukan di SDN Lowokwaru III selaku SD intigugus 1 KecamatanLowokwaru Kota Malang. Hasilanalisis data setelahdilalukanujicobamendapatkanpersentasesebagaiberikut (1) 100% produkdinyatakan valid (2) 100% produkdinyatakanpraktis (3) 100% produkdinyatakanmudah (4) 100% produkdinyatakansesuaidengankaidahbahasa Indonesia dan (5) 100% produkdinyatakanlayakdarisegiisidanpenyajian. Berdasarkanhasilanalisistersebut makaprodukinitidakmelaluitahaprevisidanmenjadiprodukakhir yang dapatdigunakansebagaialatasesmenproyekkelas di tema VIII kelas IV SD. Diharapkanhasilpengembanganinidapatdimanfaatkanoleh guru kelas IV SD sebagaialatasesmenproyekkelasdandapatdisosialisasikankepadasekolah-sekolahdanlembagapendidikanterkaitsehinggadapatdigunakansebagaimanamestinya. Karenaprodukinihanyaterbataspadapembelajaranproyekkelas di tema VIII kelas IV SD makadisarankanuntukdilakukanpengembanganprodukpadatemadankelaslainnya. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6171

Actions (login required)

View Item View Item