Pengembangan Skenario Pembelajaran Ekonomi Pancasila Berbasis Proyek Melalui Metode Experiential Learning / Mohammad Thoha Ainun Najib.

Mohammad Thoha Ainun (2019) Pengembangan Skenario Pembelajaran Ekonomi Pancasila Berbasis Proyek Melalui Metode Experiential Learning / Mohammad Thoha Ainun Najib. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Najib, Mohammad Thoha Ainun. 2018. Pengembangan Skenario Pembelajaran Ekonomi Pancasila Berbasis Proyek Melalui Metode Experiential Learning. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.Ed (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci : Ekonomi Pancasila, Skenario Pembelajaran Ekonomi, Pembelajaran Proyek Ekonomi adalah salah satu kajian dalam ilmu-ilmu sosial yang cukup mendapat perhatian luas dari masyarakat, karena ekonomi sebagai proses penyedia sosial (social provisioning process) dalam sudut pandang (heterodox economics). Heterodoks ekonomi dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu ekonomi tentang pengembangan penjelasan teoritis proses penyediaan sosial, yang terdiri dari kegiatan ekonomi riil yang menghubungkan individu dengan barang dan jasa (Lee, 2009: 7). Pandangan mendasar tentang tradisi heterodok ini sesuai dengan asas-asas Pancasila tentang apa saja, dan yang tercermin pada Pasal 33 UUD 1945. Wijtaksono, (2017: 243) Idealnya pembelajaran ekonomi mengarah pada Pancasila dan UUD 1945. Tujuan dari pengembangan skenario pembelajaran ekonomi pancasila adalah (1) proses pembelajaran yang secara sitematis dengan mengubah pengetahuan/cara berpikir, sikap dan keterampilan peserta didik berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 pasal 33 dan (2) pengembangan skenario pembelajaran sebagai pendekatan dan proses praktek ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 pasal 33 meliputi interaksi pembelajaran, hasil belajar nyata dan evaluasi pembelajaran yang diwadahi dalam kegiatan proyek. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitaif dengan metode design based research (DBR). Data dikumpulkan dengan analisis dokumen, observasi, wawancara melalui (FGI), dan diskusi kelompok melalui FGD Berdasarkan hasil penelitian serta analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa: a) secara sistematik, kegiatan operasional penelitian pengembangan skenario pembelajaran ekonomi pancasila berbasis proyek telah memberikan hasil bagi perubahan pengetahuan (cara berfikir), sikap dan keterampilan peserta didik terkait ekonomi pancasila khususnya mengenai perekonomian yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. b) Kegiatan proyek ekonomi pancasila melalui wahana dapur perlu dikembangkan guna mempraktekkan perekonomian yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 pasal 33. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada pengguna skenario ini bahwa a) bagi pengguna: semua tahap pembelajaran dalam skenario ini harus dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan skenario pembelajaran yang telah jadi dapat dijadikan rujukan oleh pengguna lain untuk mengembangkan suasana pembelajaran ekonomi pancasila dalam bentuk lain. b) bagi peneliti lain yang hendak melakukan pengembangan skenario pembelajaran ekonomi pancasila ini lebih lanjut, maka perlu memperhatikan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61708

Actions (login required)

View Item View Item