Menumbuhkan minat berwirausaha kuliner bahan baku daun kelor di SMK Negeri 3 Malang melalui media belajar komik / Nurul Hidayah

Nurul (2019) Menumbuhkan minat berwirausaha kuliner bahan baku daun kelor di SMK Negeri 3 Malang melalui media belajar komik / Nurul Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah, Nurul. 2018. Menumbuhkan Minat Berwirausaha Kuliner Bahan Baku Daun Kelor Di SMK Negeri 3 Malang Melalui Media Belajar Komik. Tesis, Progam Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, M.Pd , (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed Kata Kunci: minat, berwirausaha kuliner, daun kelor, media belajar komik Besaran PDB Indonesia mengalami kenaikan setiap tahun. Salah satu penyebabnya adalah pendapatan yang naik di sektor kuliner ekonomi kreatif. Hal yang sama terjadi pada PDRB Kota Malang yang juga meneningkat akibat peningkatan usaha di sektor kuliner. Pemerintah jauh hari sudah menyadari pentingnya hal tersebut dengan mengamanatkan kepada seluruh masyarakat untuk mengembangkan program-program kewirausahaan, tak terkecuali di sektor kuliner pada pendidikan formal. Wirausaha kuliner dapat dikembangkan pada kelompok formal seperti pada pendidikan di sekolah kejuruan atau SMK. Melalui pendidikan di sekolah, peserta didik sebagai generasi muda dapat dibentuk menjadi sumber daya manusia unggul dan kompetitif yang akan menjadi sumber daya pembangunan daerah. Salah satu cara memenuhi kebutuhan peserta didik pada pembelajaran Kewirausahaan yaitu menyediakan media belajar yang menyenangkan, menantang, memotivasi dan layak dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di kelas. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan peserta didik di SMK Negeri 3 Malang, komik dipilih sebagai media belajar bahasan pengertian kewirausahaan, karakteristik wirausaha dan perencanaan produksi. Media belajar komik ini, juga harus bisa memberikan minat baru bagi peserta didik. Minat baru di sektor kuliner yaitu ide kuliner dengan memanfaatkan bahan baku di sekitar peserta didik. Daun kelor yang berpotensi menjadi ikon kuliner baru di Kota Malang dapat dijumpai tumbuh hampir di seluruh Kota Malang, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui manfaat serta ide olahan dari sumber daya tersebut. Pengetahuan dan manfaat tentang potensi lokal daun kelor dapat diperkenalkan pada peserta didik di SMK Negeri 3 Malang Jurusan Tataboga melalui media belajar komik. Kemudian peserta didik diarahkan untuk membuat ide kuliner dan perencanaan produksi kuliner dengan bahan baku daun kelor. Berdasarkan analisis data bahwa komik efektif menumbuhkan minat berwirausaha kuliner bahan baku daun kelor di SMK Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61704

Actions (login required)

View Item View Item