Eksplorasi personal financial literacy melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Anggun Yulia Rina Putri

Anggun Yulia Rina (2019) Eksplorasi personal financial literacy melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Anggun Yulia Rina Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Anggun, Yulia.Rina. 2018. Eksplorasi Personal Financial Literacy melalui Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis, Prodi S2 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak. (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed. Kata Kunci : Personal Financial Literacy, Financial Literacy, Pengelolaan Keuangan Pribadi, Literasi Finansial Dalam perkembangan ekonomi global saat ini, literasi finansial merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian setiap negara di dunia dan tidak terkecuali negara Indonesia. Karena literasi finansial merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan perekonomian sehari-hari dalam kehidupan manusia. Hal tersebut juga dikemukakan oleh MuÔÇÖizzuddin (2017) yang menyatakan bahwa, literasi finansial merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipahami dan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang untuk dapat terhindar dari masalah keuangan. Masalah keuangan yang timbul bukan hanya di dasarkan pada kurangnya pendapatan yang diperoleh setiap orang, akan tetapi masalah keuangan tersebut juga dapat terjadi ketika seseorang tersebut tidak dapat memanjemen keuangannya sendiri, seperti adanya keselahan penggunaaan kredit dan tidak adanya perencaan yang matang dalam penggunaan keuangannya. Mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang sebagian besar memiliki background yang sama dalam pendidikan di jenjang S1, yaitu berasal dari fakultas ekonomi. Pembelajaran yang telah dilakukan para mahasiwa kurang lebih selama empat tahun dalam bidang ilmu ekonomi yang salah satu di dalamnya mengandung pembelajaran tentang melakukan pengelolaan keuangan yang baik, seperti dengan membuat daftar perencanaan keuangan dan membuat skala prioritas kebutuhan. Hal tersebut sangat mendukung untuk melakukan pengelolaan keungan karena keungan yang dimiliki oleh para mahasiwa jumlahnya cukup besar yaitu rata-rata lebih dari satu juta perbulannya. Sehingga keungan yang mereka miliki seharusnya secara rasional sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pribadinya setiap bulannya karena mereka memperoleh pendapatan rutin setiap bulan dari dua sumber. Akan tetapi dalam praktek keseharian yang telah dilakukan para mahasiswa tersebut dalam melakukan pengelolaan keuangan mereka masih kurang bisa maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya pengelolaan uang atau perencanaan keuangan secara tertulis yang dilakukan oleh para mahasiswa paling tidak dilakukan setiap bulannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui personal financial literacy, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta klasifikasi polanya dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau menyimpulkan data. i Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa tersebut memiliki personal financial literacy dalam tataran well literate dan sufficient literate. Faktor-faktor yang mempengaruhi terdiri dari faktor internal seperti keinginan, kebutuhan, gaya hidup, pengalaman, motivasi, dan faktor ekstenal seperti lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, pendidikan formal, pendapatan. Saran yang bisa diberikan: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini, diharapkan para mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang khususnya dan mahasiswa secara umum, agar dapat melakukan perencanaan keuangan dengan menggunakan skala prioritas dan melakukannya secara terstruktur atau terinci. Selanjutnya diharapkan juga agar para mahasiswa tersebut untuk bisa konsisten terhadap pengelolaan dengan cara menggunkan skala prioritas dan secara terstuktur. Sehingga dengan begitu nantinya akan tercipta pengelolan keuangan yang teratur dan dapat mencapai tujuan-tujuan keuangan yang akan dicapai. (2) Dalam penelitian yang telah dilakukan ini hanya sebatas untuk mengetahui personal finansial literacy mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang dan faktor-faktornya. Sehingga bagi pengembang ilmu yang membahas tentang personal finansial literacy diharapkan dapat memperluasnya, baik dari segi kajian-kajiannya maupun subyek dalam penelitiannya. ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61701

Actions (login required)

View Item View Item