Pengembangan pembelajaran ekonomi berkecukupan bernuansa pasal 33 UUD 1945 / Rizki Listyono Putro

Rizki Listyono (2019) Pengembangan pembelajaran ekonomi berkecukupan bernuansa pasal 33 UUD 1945 / Rizki Listyono Putro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putro, Rizki Listyono. 2018. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkecukupan Bernuansa Pasal 33 UUD 1945. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M. Pd. (II) Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Ekonomi Berkecukupan Filosofi Ekonomi Berkecukupan atau Sufficiency Economy Philosophy (SEP) merupakan suatu paradigma baru dalam ilmu ekonomi yang belum terlalu familiar. Pembelajaran ekonomi berkecukupan diperlukan agar manusia dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada dengan lebih arif dan bijaksana, sehingga mencegah keserakahan dan berlebihan yang menuju pada hedonisme. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melaksanakan proses pembelajaran secara sistematis untuk mengubah cara berpikir, sikap dan perilaku siswa mengenai Ekonomi Berkecukupan bernuansa Pasal 33 UUD 1945 ayat (1) dan (4); (2) Melakukan kegiatan ekonomi di dapur (memasak) sebagai pendekatan dan proses pembelajaran sistematis untuk mempraktikkan Ekonomi Berkecukupan bernuansa Pasal 33 UUD 1945. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan Design Based Research (DBR). Skenario pembelajaran terdiri dari tahapan (1) eksplorasi awal, (2) eksplorasi lanjut, (3) Focus Group Discussion (FGD), (4) Kegiatan Praktik melalui wahana Ekonomi Dapur, dan (5) Focus Group Interview (FGI). Intrumen penelitian meliputi (a) debriefing dan informed consent, (b) self inventory, (c) Protokol FGD, (d) rekaman dan pemotretan (menggunakan kamera), dan (e) protokol FGI. Data kuantitatif dan kualitatif diidentifikasi, diolah, dan dianalisis bersumber dari (1) Rekaman respon siswa pada Self Inventory, (2) Rekaman video dan foto pada kegiatan FGD, (3) rekaman respon siswa pada kegiatan FGI sebagai refleksi dan evaluasi pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Turen, Kabupaten Malang. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini berupa refleksi pembelajaran yang menunjukkan bahwa pengembangan skenario pembelajaran ekonomi berkecukupan ini telah mampu menciptakan: (1) outcome situasi pembelajaran sesuai dengan prinsip ekonomi berkecukupan, (2) interaksi dalam pembelajaran yang mencerminkan nilai ekonomi berkecukupan dilihat dari perspektif Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 yang diwujudkan dalam kegiatan praktik melalui wahana ekonomi dapur. Secara teknis operasional skenario pembelajaran ekonomi berkecukupan berikut wahana ekonomi dapur serta instrumen pembelajaran sangat potensial dikembangkan menjadi desain pembelajaran dan kegiatan praktik ekonomi berkecukupan. Secara akademis, melalui skenario yang dikembangkan mampu memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan mampu menambah wawasan siswa mengenai ekonomi berkecukupan serta merubah pola pikir dan sikap siswa dalam mempraktikkan prinsip ekonomi berkecukupan sesuai dengan nilai Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61700

Actions (login required)

View Item View Item