Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se-Kabupaten Malang / Kiki Calista - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se-Kabupaten Malang / Kiki Calista

Calista, Kiki (2016) Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se-Kabupaten Malang / Kiki Calista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kiki Calista. 2016. Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Penyelesaian Masalah Matematika Siswa Kelas IV di SDN Se- Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Program S1 PGSD. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Syaiful Imam S. Pd M. Pd Pembimbing II Dra. Endang Setyo Winarni M. Pd. Kata kunci membaca pemahaman masalah matematika siswa kelas IV Pada penelitian yang penulis lakukan di kelas IV SDN se- Kabupaten Malang tentang kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman (2) mendeskripsikan tingkat penyelesaian masalah matematika dan (3) mendeskripsikan hubungan antara tingkat kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se- Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriftif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV di SDN se- Kabupaten Malang. Sampel yang diambil hanya terdiri dari 6 kecamatan dan masing-masing kecamatan peneliti mengambil 1 SD untuk dijadikan objek penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 145 siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan tes penyelesaian masalah berupa soal cerita matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se- Kabupaten Malang. Hasil perhitungan korelasi menunjukkan r hitung sebesar 0 721 dan r tabel dengan taraf signifikasi sebesar 5% yaitu 0 159. Apabila r hitung dikonsultasikan terhadap r tabel maka 0 721 0 159 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hubungan kedua variabel signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh signifikansi sebesar 0 001 yang berarti 0 001 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan penyelesaian masalah matematika siswa kelas IV di SDN se- Kabupaten Malang. Adapun saran yang dapat peneliti berikan yaitu siswa dibiasakan membaca sebelum kegiatan pembelajaran dimulai siswa dilatih dan dibiasakan untuk mengerjakan soal cerita matematika dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian yang sejenis dengan lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item View Item