Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada sekolah dasar di Malang (studi kasus 2 sekolah dasar di Malang) / Wahyu Himawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada sekolah dasar di Malang (studi kasus 2 sekolah dasar di Malang) / Wahyu Himawan

Himawan, Wahyu (2016) Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada sekolah dasar di Malang (studi kasus 2 sekolah dasar di Malang) / Wahyu Himawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Himawan Wahyu. Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Dasar Di Malang (Studi Kasus 2 Sekolah Dasar Di Malang). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd Pembimbing (II) Dra. Susilaningsih M. Pd Kata Kunci Persepsi Guru Penerapan Kurikulum 2013 Implementasi Kurikulum 2013 masih dihadapkan berbagai masalah berkaitan dengan guru dari materi dirasa guru masih kurang dalam Kurikulum 2013 perlunya penambahan alokasi waktu proses penilaian yang menyulitkan guru dan penguasaan materi secara mendalam. Fokus penelitian persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran di kelas penerapan Kurikulum 2013 sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan SD Negeri Lowokwaru 3 Malang serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian secara umum persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 termasuk kedalam persepsi positif meliputi 1) Pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 memicu keterampilan guru 2) silabus dan RPP bisa dikembangkan lagi guru 3) mengaitkan materi kehidupan sehari-hari siswa 4) Strategi pengajaran harus menjadi satu kesatuan/tidak terlihat parsial 5) mengkaitkan materi pada muatan satu dengan lainnya 6) Metode pembelajaran yang digunakan bervariasi dan dirasa cocok untuk diterapkan di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan SD Negeri Lowokwaru 3 Malang. Kesesuaian penerapan Kurikulum 2013 dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran di sekolah 1) guru memiliki pengalaman yang cukup untuk menerapkan kurikulum 2013 2) sarana dan prasarana ditunjang oleh sekolah 3) Ketersediaan silabus dan rpp memudahkan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 sehingga Kurikulum 2013 tepat dilaksanakan di kedua sekolah tersebut. Faktor pendukung penerapan Kurikulum 2013 di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan SD Negeri Lowokwaru 3 Malang meliputi 1) Guru memiliki pengalaman yang cukup untuk menerapkan kurikulum 2013 2) Sarana dan prasarana yang memadai 3) pendekatan saintifik meningkatkan keterampilan guru 4) Ketersediaan silabus dan rpp memudahkan guru menerapkan Kurikulum 2013 5) Guru selalu mengkaitkan contoh kehidupan sehari-hari saat pembelajaran 6) Strategi yang digunakan runtut sesuai Kurikulum 2013. Faktor penghambat penerapan Kurikulum 2013 di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan SD Negeri Lowokwaru 3 Malang meliputi 1) materi yang cukup sulit dikuasai oleh guru 2) Cakupan materi alokasi waktu dan isi materi pembelajaran dirasa guru kurang 3) Guru perlu mempelajari dan mengembangkan materi yang ada pada buku siswa 4) Proses penilaian menyulitkan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item