Peran keluarga dalam membentuk rasionalitas perilaku konsumsi anak melalui praktik pendidikan ekonomi di keluarga / Annisa Nur Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran keluarga dalam membentuk rasionalitas perilaku konsumsi anak melalui praktik pendidikan ekonomi di keluarga / Annisa Nur Utami

Annisa Nur (2019) Peran keluarga dalam membentuk rasionalitas perilaku konsumsi anak melalui praktik pendidikan ekonomi di keluarga / Annisa Nur Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Utami Annisa Nur. 2018. Peran Keluarga dalam Membentuk Rasionalitas Perilaku Konsumsi Anak melalui Praktik Pendidikan Ekonomi di Keluarga. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Peran Keluarga Rasionalitas Perilaku Konsumsi Pendidikan Ekonomi Keluarga Perilaku konsumsi anak agar tidak berlebih dapat dikendalikan melalui pendidikan ekonomi di keluarga. Orang tua memiliki peran penting dalam mengajarkan rasionalitas perilaku konsumsi anak melatih dan membiasakan anak berperilaku ekonomis. Pendidikan ekonomi di keluarga tidak hanya diajarkan saja melainkan perlu adanya praktik atau tindakan secara nyata. Anak belajar banyak hal pertama kali dimulai dari lingkungan keluarganya. Melalui pendidikan ekonomi dikeluarga anak tidak hanya diajarkan tentang uang saja melainkan anak juga dibiasakan untuk alokasi keuangan pembiasaan selektif serta keterlibatan anak dalam kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam menanamkan nilai pendidikan ekonomi pada anak dan praktik pendidikan ekonomi pada keluarga menengah atas dan menengah bawah. Metode penelitian kualitatif dengan analisis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini keluarga menegah atas dan menengah bawah di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Data primer berasal dari informan menengah atas dan informan menengah bawah yang memiliki perilaku konsumsi berlebih. Data diperoleh dengan teknik bola salju (snowball sampling) dan berhenti ketika terjadi kejenuhan data. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keluarga melakukan konsumsi berlebih disebabkan karena adanya gengsi yang tinggi anggapan bahwa produk yang mahal dan bermerek mampu meningkatkan rasa percaya diri adanya pengaruh promo dan diskon pengaruh media sosial dan online adanya keinginan sesaat dalam membeli produk serta pengaruh tempat pembelian. (2) nilai pendidikan ekonomi yang diajarkan adalah keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak di rumah jenis pendidikan ekonomi yang diajarkan orang tua pada anaknya pengenalan usaha orang tua pada anak dan respon anak terhadap usaha orang tua serta kepercayaan orang tua terhadap pengelolaan uang saku anak. (3) praktik pendidikan ekonomi di keluarga menengah atas maupun menengah bawah ditinjau dari keterbukaan kondisi ekonomi orang tua dan respon anak pembiasan menabung dan berhemat diskusi pemanfaatan uang alokasi keuangan dan pembiasaan selektif pembaisaan tidak langsung menuruti keinginan anak dan reaksi anak serta contoh nyata yang diajarkan orang tua pada anaknya. Penanaman nilai pendidikan ekonomi maupun praktik pendidikan ekonomi di setiap keluarga berbeda-beda. Adanya keberagaman cara pengendalian ini diharapkan mampu memberikan referensi bagi keluarga lainnya dalam mengendalikan perilaku konsumsi anak agar tidak berlebih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61697

Actions (login required)

View Item View Item