Putri (2019) Perilaku ekonomi pelaku usaha rias pengantin / Putri Hestiningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Hestiningrum Putri. 2018. Perilaku Ekonomi Pelaku Usaha Rias Pengantin. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Dr. Cipto Wardoyo SE M.Pd M.Si.Ak CA Kata kunci perilaku ekonomi pelaku usaha rias pengantin Kegiatan usaha tata rias telah berkembang sejak tahun 1950-an. Perkembangan usaha ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang mulai terjun di bidang usaha ini. Perkembangan usaha tata rias ini tidak hanya di peningkatan jumlah pelaku usaha tapi juga perluasan pangsa pasar. Kegiatan usaha rias pengantin erat kaitannya dengan tradisi dan budaya musim pasang-surut usaha ini sangat dipengaruhi oleh tradisi penanggalan Jawa. Adanya kearifan lokal tentang bulan baik-bulan buruk hari baik-hari buruk dan hitungan neton membuat pola pasang-surut usaha ini terlihat jelas. Meski terjadi peningkatan pangsa pasar dan pola pasang-surut usaha terlihat jelas banyak pelaku usaha rias pengantin yang tidak mengoptimalkan kesempatan sehingga hasil usahanya bermacam-macam. Ada perias yang memperoleh pelanggan hingga puluhan sedangkan perias lain hanya belasan bahkan satuan. Dengan penghasilan yang fluktuatif seiring dengan pasang-surut usaha bagaimana pelaku usaha rias pengantin dalam berkonsumsi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan mempelajari perilaku ekonomi pelaku usaha rias sehingga didapat gambaran bagaimana perilaku mereka sebagai produsen dan bagaimana perilaku mereka sebagai konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis fenomenologi. Data diperoleh secara langsung melalui wawancara kepada 5 pelaku usaha rias pengantin di Kabupaten Malang. Hasil wawancara tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk memastikan keabsahan data peneliti melakukan triangulasi dan memperpanjang waktu di lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaku usaha rias pengantin melakukan kerjasama dengan bidang usaha lain dalam menjalankan usaha. Kerjasama yang dibentuk melibatkan bidang fotografi penyedia rangakaian melati penyedia jasa dekorasi dan perias pengantin lain. Kerjasama-kerjasama ini dibentuk demi keuntungan dan efisiensi baik waktu biaya maupun tenaga. Dalam menghadapi iklim persaingan yang semakin kompetitif pelaku usaha rias menunjukkan tiga pola perilaku. Pola pertama bersikap acuh terhadap pesaing sehingga pelaku usaha rias pengantin ini cenderung pasif. Pola kedua menjalin kerjasama dengan himpunan dalam menghadapi kompetisi pola ketiga menanamkan edukasi kepada setiap konsumen yang datang tentang kualitas layanan. Perias pengantin menunjukkan perilaku diskriminasi harga terhadap konsumen dengan mengenakan tarif yang berbeda sesuai dengan kemampuan konsumen. Dalam menjalankan usaha pelaku usaha rias pengantin ini menggunakan tipe pegawai yang berbeda pegawai yang sudah ahli atau pegawai terlatih yang diajari terlebih dahulu. Pola pembagian kerja berdasarkan keahlian pegawai atau berdasarkan jumlah orang yang ditangani. Pengembangan diri terus dilakukan melalui kursus seminar maupun pengamatan. Meski telah menjalankan usaha Selma belasan tahun bahkan puluhan tahun tidak semua perias melakukan segmentasi dan pemetaan pelanggan. Perubahan masa disertai dengan perubahan selera konsumen perias pengantin menengahi tradisi dan permintaan konsumen melalui komunikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaku usaha rias pengantin mempertimbangkan harga kualitas keinginan dan merek dalam melakukan pembelian. Dalam mengatur anggaran pendapatan dan belanja perias pengantin menggunakan cara yang berbeda-beda. Cara pertama dengan mengambil uang muka sebagai bentuk keuntungan cara kedua dengan memisahkan antara keuangan usaha dan keuanagn pribadi. Cara ketiga dengan menjadikan satu antara keuangan pribadi dan usaha cara keempat melakukan alokasi secara berantai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |