Pembudayaan ekonomi Pancasila untuk menumbuhkan pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiswa kos dalam aktivitas ekonomi / Andin Dianawati

Andin (2019) Pembudayaan ekonomi Pancasila untuk menumbuhkan pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiswa kos dalam aktivitas ekonomi / Andin Dianawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dianawati, Andin.2018. Pembudayaan Ekonomi Pancasila Untuk Menumbuhkan Pola Pikir, Sikap, Dan Perilaku Mahasiswa Kos Dalam Aktivitas Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E, MP.Ak, (2) Dr. Mit Witjaksono, Ms.Ed. Keyword : pola pikir, sikap, dan perilaku, ekonomi pancasila Pendidikan ekonomi di indonesia yang selama ini didambakan untuk menjadikan anak didik bangsa indonesia sebagai SDM pelaku ekonomi yang seharusnya bangga untuk mengamalkan nilai-nilai ekonomi terutama pada kegiatan ekonomi berlandaskan pada ideologi pancasila dan UUD 1945. Pendidikan ekonomi pancasila berupaya membangun mindset pendidikan dan manusia yang peka terhadap masalah-masalah Ketuhanan (agama, moral dan etika), kemanusiaan, kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan. Melalui pendidikan ekonomi pancasila, maka upaya sadar dengan melaui proses pembelajaran yang dapat dilakukan melalui lembaga sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat yang akan dapat dicapai hasil pendidikan ekonomi bagi SDM perilaku ekonomi khususnya masyarakat indonesia yang memilki pemahaman tentang sikap, perilaku, dan pola pikir yang berkarakter ekonomi pancasila dalam kehidupan ekonomi yang berlandasakan ideologi negara indonesia yakni pancasila. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kos yang beralamat di Jalan Candi Panggung, Perumahan Permata Brantas Estate, Kav.96 Kota Malang. Pemilihan lokasi penelitian tersebut dipilih karena lokasi rumah kost tersebutt sangat tepat untuk menggali dan melakukan tindakan penelitian tentang implementasi sikap, pola pikir, dan perilaku ekonomi mahasiswa (anak kost) yang nantinya diterapkanan pada ekonomi pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksperimen dengan pendekatan action research dengan sumber data yang diperoleh melalui eksperimen lapangan (field eksperiment) dengan menggunakan 2 tahap yakni Tahap 1 dilaksanakan dengan menggunakan FGD (Focus Group Discussion) dalam forum eksperimen, tahap 2 tahap FGI (Focus Group Iinterview) atau kegiatan wawancara dengan tujuan utama untuk memantapkan hasil teoritis dan empiris yang dianalisis berdasrkan rekaman pengamatan selama FGD (Focus Group Discussion) berlangsung sebelumnya. dan melalui teknik pengmpulan data berupa wawancara secara langsung Penelitian ini menghasilkan bagaimana penerapan pembelajaran ekonomi pancasila mahasiswa kos dalam aktivitas ekonomi yang selama ini berlangsung dimana hasilnya menunjukkan bahwa dalam proses aktivitas ekonomi masih terdapat banyak penyimpangan yang tidak sesuai dengan proses ekonomi pancasila, yang mana mahasiswa kos masih menerapkan ekonomi kapitalis dan liberalis dalam aktivitas ekonominya pada pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiswa kos tersebut. Hal ini disebabkan karena dari awal proses pembelajaran yang sudah mereka terima sebelumnya di pendidikan formal yakni sekolah yang mana sekolah hanya memberikan pembelajaran ekonomi yang belum menyentuh nilai-nilai ekonomi ke indonesiaan sehingga hal ini menyebabkan mahasiswa kos kurang paham tentang ekonomi yang menjadi dasar dan acuan bangsa indonesia yakni berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Pasal 33. Permasalahan ini mengakibatkan terhadap pola pikir mahasiswa dalam hal pertimbangan pemberian uang jajan yang diberikan orangtua, sikap mahasiswa dalam pemenuhan kebutuhan, dan perilaku ekonomi mahasiswa dalam pengambilan keputusan dalam memnuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pola pikir, sikap, da perilaku mahasiswa kos masih sangat menyimpang dari pembelajaran ekonomi pancasila dimana mereka masih memiiki sifat egois, konsumtif sehingga tdak rasional dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Sehingga peneliti ingin merubah pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiswa kos tersebut melalui pembudayaan ekonomi pancasila dengan kegiatan eksperimen lapangan (field ekspriment). Hasil perlakuan eksperimen menunjukkan bahwa dengan perlakuan tersebut mahasiswa kos dapat menunjukkan dampak perubahan terhadap pola pikir, sikap, dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai ekonomi pancasila dan UUD 1945 Pasal 33. Mahasiswa kos juga akan memberikan kontribusi terhadap pola pikir, sikap, dan perilaku dalam aktivitas ekonomi dalam kehidupannya. Penelitian ini dapat diajukan saran yang dapat memberikan kontibusi terhadap: Bagi penulis diharapkan dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah sebagai aplikasi teori yang didapat selama perkuliahan untuk menarik sebuah kesimpulan, serta dapat dipertanggungjawabkan secara objektif dan ilmiah. Selain itu, Untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam pemahaman ekonomi pancasial dan bagaimana nanti bisa diimplemnetasikan dalam aktivitas ekonomi khususnya. Bagi Mahasiswa kos penelitian ini diharapkan membentuk manusia-manusia terutama mahasiswa kos untuk menjadi manusia yang mempunyai pola pikir, sikap, dan perilaku ekonomi pancasila serta manusia-manusia yang berjiwa nasional yang tinggi dalam menerapkannya dalam semua aktifitas ekonominya dan dapat diimplementasikan dalam kehidupannya. Bagi Universitas Negeri Malang sebagai bahan untuk mengintregasikan ekonomi pancasila pada matakuliah ekonomi yang berhuungan dengan aktivitas ekonomi dan aktivitas sosial yang paradigmanya masih cenderung menggunakan ekonomi klasik dan Neo Klasik serta ekonomi kapitalis dan liberalis. Sehingga nanti akan mengahasilkan mahasiswa-mahsiwa yang memilki jiwa nasionalisme dalam melakukan aktivitas ekonomi kehidupannya. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini hanya berfokus pada pembelajaran ekonomi pada lingkungan non formal atau lingkungan masyrakat saja yang bertujuan untuk menumbuhkan pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiwa kos, sehingga bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dari beberapa aspek pembelajaran ekonomi pada lingkungan formal atau dilingkungan sekolah dan mencakup objek penelitian yang beragam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 16 Oct 2019 03:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61694

Actions (login required)

View Item View Item