Pengembangan media pembelajaran berbasis seni budaya untuk menanamkan nilai-nilai ekonomi Pancasila / Anudiyan Amir Mas'ud

Anudiyan Amir (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis seni budaya untuk menanamkan nilai-nilai ekonomi Pancasila / Anudiyan Amir Mas'ud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Amir MasÔÇÖud, Anudiyan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Seni Budaya Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Ekonomi Pancasila.Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S. Kata Kunci: pembelajaran berbasis seni budaya, nilai-nilai ekonomi pacasila, kesenian penampilan kentrung Kesenian penampilan kentrung adalah kesenian tradisional indonesia yang berada di jawa. Kentrung dapat diklasifikasikan sebagai kategori seni teater yang dimainkan oleh seorang dalang untuk membawa sebuah cerita dan menggunakan alat sederhana sebagai instrumen pendamping, yang disebut tamborin kecil. Melalui kesenian ini, pembelajaran ekonomi berbasis seni budaya dapat dikembangkan menjadi sebuah pembelajaran ekonomi yang berdasar pada nilainilai pancasila. Pembelajaran diorientasikan dengan menggunakan salah satu metode sosio drama kentrung, seperti penelitian kelompok. Prakteknya meliputi, guru menugaskan untuk mementaskan sosio drama kentrung sebagai pertujukan yang dapat menjadi tontonan, tuntunan dan tatanan dengan melakukan proses pementasan dan menganalisis cerita pementasan. Pembelajaran melibatkan banyak murid untuk aktif, kreatif dan membuat pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran ekonomi berbasis seni budaya untuk siswa SMA kelas X serta untuk menanamkan nilai - nilai ekonomi pancasila. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam model pengembangan ini adalah sebagai berikut : (1) Research and information collecting (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of product, (4) Preliminary field testing, (5) Main product revision, (6) Main field testing, (7) Operational product revision, (8) Operational field testing, (9) Final product revision, (10) Dissemination and implementation. Hasil pengembangan adalah perangkat ekonomi berbasis seni budaya untuk Siswa SMA kelas X yang menanamkan nilai-nilai ekonomi pancasila menggunakan pementasan sosio drama kentrung pentingnya moral dalam kehidupan ekonomi untuk mencapai gotongroyong. Uji kelayakan dan kemenarikan perangkat pembelajaran sosio drama sebagai penanaman nilai moral ekonomi pancasila dilakukan melalui empat tahap uji, yakni (1) uji coba ahli materi serta seni budaya, (2) uji coba ahli bahasa serta seni budaya, dan (3), uji coba praktisi, (4) uji pengguna. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku pedoman dan naskah sosio drama kentrung. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kemenarikan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh nilai total rata-rata kelayakan 91,33% dan total rata-rata kemenarikan sebesar 94% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak. Produk hasil pengembangan melalui revisi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli seni budaya kentrung yang menghasilkan produk akhir dari pengembangan yaitu perangkat pembelajaran ekonomi berbasis seni budaya untuk menanamkan nilai moralitas ekonomi pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61693

Actions (login required)

View Item View Item