Analisis pendidikan ekonomi pada pengrajin shuttlecock di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk / Moh. Shubhan Jauharul Huda

Moh. Shubhan Jauharul (2019) Analisis pendidikan ekonomi pada pengrajin shuttlecock di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk / Moh. Shubhan Jauharul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda, Moh Shubhan Jauharul 2018. Analisis Pendidikan Ekonomi Pada Pengrajin Shuttlecock di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing I Dr. Hari Wahyono, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S Kata Kunci, pendidikan ekonomi, pengrajin shuttlecock, pendidikan nonformal, pendidikan informal Banyaknya pengrajin shuttlecock di Desa Sumengko, terlihat dengan perubahan pekerjaan petani menjadi pengrajin shuttlecock. Jumlah keberadaan industri shuttelcock di Desa Sumengko sebanyak 28 industri dan sebagian dari mereka sudah mampu menciptakan merk sendiri dengan produk berkualitas. Kemenarikan pengrajin dapat dilihat dengan perubahan pekerjaan masyarakat yang berpindah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1)Mendeskripsikan bagaimana proses pendidikan ekonomi di kalangan pengrajin shuttlecock di Desa Sumengkono 2)Mendeskripsikan pemaparan pendidikan ekonomi dalam usaha menjadi pengrajin. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam dan lengkap permasalahan Pendidikan ekonomi Pada Pengrajin shuttlecock di desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Penelitian yang dilakukan dengan adalah jenis penelitian fenomenologi. Fenomenologi melihat potret atau keadaan pendidikan ekonomi pengrajin shuttlecock di desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Lingkungan pengrajin shuttlecock desa Sumengko tidak semua pemilik industri memiliki latar pendidikan yang tinggi, sehingga sumber daya manusia masih tergolong rendah. Rendahnya kesadaran dan pemahaman pengrajin terhadap pendidikan ekonomi mengakibatkan kurangnya penerapan pendidikan ekonomi dalam lingkungan kegiatan produksi industrinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61692

Actions (login required)

View Item View Item