Pengembangan pembelajaran konsep, prinsip, dan praktek gotong royong dalam ekonomi / Deny Syafrudin Dwi Darwanto

Deny Syafrudin Dwi (2019) Pengembangan pembelajaran konsep, prinsip, dan praktek gotong royong dalam ekonomi / Deny Syafrudin Dwi Darwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Deny Syafrudin Dwi Darwanto. 2018. Pengembangan Pembelajaran Konsep, Prinsip, dan Praktek Gotong Royong Dalam Ekonomi. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed 2) Dr. Sunaryanto, M.Ed Kata kunci: konsep, prinsip, praktek, gotong royong, ekonomi. Muncul dan berkembangnya masalah ekonomi berjalan seiring dengan perkembangan peradaban manusia serta tingkat teknologi yang mereka kuasai. Semakin maju kehidupan manusia, maka semakin kompleks kebutuhan yang diperlukan oleh manusia yang hidup pada waktu tersebut. Disamping itu pula, manusia merupakan makhluk yang tak pernah terpuaskan keinginannya (atau dengan kata lain kebutuhannya akan terus bertambah dari waktu-kewaktu tanpa ada batasnya). Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kelangkaan sumberdaya alam serta barang dan jasa. Salah satu cara untuk merubah pemikiran barat mengenai konsep kelangkaan yang tidak sesuai dengan pola hidup bangsa Indonesia, yaitu dengan adanya perubahan dalam materi yang diajarkan kepada siswa di sekolah. Karena jika tidak ada perubahan terhadap konsep kelangkaan, maka pemahaman ini akan mengarahkan pada sebuah pemikiran yang membenarkan tentang tindakan serakah seseorang dalam mencapai kesejahteraan ekonomi yang diinginkannya. Hal ini bukanlah merupakan sebuah pemikiran saja, akan tetapi dalam prakteknya telah terjadi penguasaan sumberdaya ekonomi dan manusia selama berabad-abad oleh bangsa eropa terhadap bangsa Asia dan Afrika, salah satunya adalah dikarenakan oleh prinsip kelangkaan yang diajarkan. Pendidikan berperan penting dalam mencetak generasi yang bijaksana dalam berekonomi, serta sesuai dengan apa yang telah disampaikan para founding father dalam konstitusi Indonesia, UUD 1945, tepatnya pada pasal 33 ayat 1, yang berbunyi: ÔÇ£perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaanÔÇØ. Hal inilah yang dijadikan landasan dalam kehidupan berekonomi pada masyarakat Indonesia. Dengan demikian maka salah satu penjabaran dari pasal 33 ayat 1 adalah dengan menanamkan pada para peserta didik untuk memupuk kebersamaan mereka dalam berekonomi dengan menumbuh kembangkan semangat gotong royong. Sehingga pada akhirnya kemakmuran dan kesejahteraan dapat tercipta merata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan pembelajaran ekonomi yang memuat konsep gotong royong, pokok-pokok prinsip gotong royong, serta bagaimana cara mengimplementasikan praktek gotong royong dalam ekonomi. Penelitian pembelajaran konsep, prinsip, dan praktek gotong royong dalam ekonomi ini, menggunakan jenis penelitian pengembangan Design Based Research (DBR), yaitu seluruh penelitian pengembangan produk berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs. MuÔÇÖallimin NU Malang. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, survei, analisis perangkat pembelajaran, serta eksplorasi, dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61691

Actions (login required)

View Item View Item