Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan model cooperative script pada siswa kelas IV SDN I Pakel; Kabupaten Tulungagung / Aziz Ichwan Rosadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan model cooperative script pada siswa kelas IV SDN I Pakel; Kabupaten Tulungagung / Aziz Ichwan Rosadi

Rosadi, Aziz Ichwan (2016) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan model cooperative script pada siswa kelas IV SDN I Pakel; Kabupaten Tulungagung / Aziz Ichwan Rosadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosadi Aziz Ichwan. 2016. PeningkatanKeterampilanMenulisDeskripsidengan Model Cooperative Script padaSiswaKelas IV SDN I PakelKabupatenTulungagung.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan SekolahDasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. AlifMudiono M.Pd. (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan MenulisDeskripsi Cooperative Script Hasilobservasi di kelas IV SDN I PakelKabupatenTulungagungmenunjukkanbahwasiswabelummemilikiketerampilan yang baikdanbenardalammenulis. Dari isiatauhasiltulisansiswa didapatkan data sebagaiberikut pertama siswahanyamenulisgambarantentangobjekwisatasecaraumumsaja belummenuliskannyasecara detail. Kedua masihbanyaksiswa yang menggunakandanmenuliskan kata yang tidakbaku. Ketiga siswabelummencermatidanbelumsepenuhnyamengertitentangperbedaanpenulisan kata depandengan kata sambung. Keempat beberapasiswamasihsalahdalammenggunakandanmenuliskanhurufkapital..Dari 14 siswa hanyaada 6 siswa (42 9%) yang mencapaiketuntasanbelajar sedangkan 8 siswa (57 1%) belummencapaiketuntasanbelajarsesuaidenganKriteriaKetuntasan Minimum (KKM) matapelajaranBahasa Indonesia dengannilai minimal 75. Penelitianinibertujuanuntukmenerapkan model Cooperative Script danmeningkatkanketerampilanmenulisdeskripsisiswakelas IV SDN I PakelKabupatenTulungagung. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Pengumpulandatanyamenggunakanteknikobservasi tes catatanlapangan angketsiswa dandokumentasi.Selanjutnya data yang terkumpuldianalisisdengantahapreduksi penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianterhadapaktivitassiswamenunjukkannilai yang baikdanpeningkatan di tiapsiklusnya.Siswasudahmemahamipenggunaan kata bakudalampenulisan penggunaantandabacadanhurufkapitalsecaratepat danperbedaanpenulisan kata depandengan kata sambung. Padaakhirsiklus I siswamendapatnilai 84 4 dengankriteria memuaskan sedangkanpadaakhirsiklus II siswamendapatnilai 93 8 dengankriteria sangatmemuaskan . Selainitu hasilakhirpembelajaranmenulisdeskripsisiswajugamengalamipeningkatan.Padatahappra-tindakan rata-rata nilaiakhirsiswaadalah 70 6denganjumlahsiswa yang tuntassebanyak 6 siswa (42 9%). Padasiklus I rata-rata nilaiakhirsiswaadalah 75 2 denganjumlahsiswa yang tuntassebanyak 7 siswa (50%) sedangkanpadasiklus II rata-rata nilaiakhirsiswaadalah 83 4 denganjumlahsiswa yang tuntassebanyak 12 siswa (85 7%). Berdasarkan data tersebut dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Cooperative Scriptdapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenulisdeskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item