Internalisasi karakter berbasis Pancasila pada pembelajaran ekonomi di Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang / Yuda Adi Pratama

Yuda Adi (2019) Internalisasi karakter berbasis Pancasila pada pembelajaran ekonomi di Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang / Yuda Adi Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 RINGKASAN Pratama, Yuda Adi. 2018. Internalisasi Karakter Berbasis Pancasila pada Pembelajaran Ekonomi di Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., AK., (II) Dr. Agus Hermawan, GrandDipMgt., M.Si., Mbus Kata Kunci : Internalisasi Karakter, Karakter Berbasis Pancasila, Pembelajaran Ekonomi Pendidikan memiliki peranan yang penting, lebih dari sekedar memberikan pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan. Oleh karena itu, setiap pendidikan di Indonesia harus menerapkan pendidikan karakter yang menanamkan nilai-nilai karakter pancasila dalam setiap pembelajaran, agar Bangsa Indonesia tumbuh menjadi bangsa yang maju dan besar tanpa melupakan nilai-nilai luhur pancasila. Nilai-nilai Pancasila untuk bisa masuk ke dalam pembelajaran dikembangkan kedalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terbagi menjadi 18 karakter, yaitu religius, toleransi, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cintai damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian yang memang harus hadir sendiri secara langsung dilapangan untuk mengumpulkan data. Lokasi penelitian di jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang, Propinsi Jawa Timur. Informan dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang yang dipilih berdasarkan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terbuka, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan internalisasi karakter berbasis pancasila pada pembelajaran ekonomi masih belum dilaksanakan dengan baik oleh beberapa dosen. Hal tersebut juga terbukti dari karakter disiplin dosen belum bisa menjadi teladan untuk mahasiswa dan masih ada beberapa karakter yang terbatas pada proses kegaitan belajar dikelas belum dikaitkan dengan materi ekonomi. (2) ada faktor pendukung sekaligus penghambat dalam penanaman karakter yaitu faktor internal terkait tinggi rendahnya kognitif afektif mahasiswa, kemauan berusaha mahasiswa untuk belajar, dan komitmen dosen. Selanjutnya eksternal yaitu terkait mata kuliah. (3) Meskipun internalisasi karakter dalam pembelajaran ekonomi yang dilakukan dosen belum maksimal. Dampak dari penanaman karakter yang dikaitkan dengan materi pembelajaran ekonomi, sudah cukup mampu membuat mahasiswa memahami karakter- karakter yang harus mereka miliki, yaitu 18 karakter. Selain itu dampak internalisasi juga tercermin dalam kegiatan pembelajaran ekonomi yang dilakukan mahasiswa, mereka berusaha membiasakan menerapkan beberapa karakter kedalam kegiatan awal, inti, dan akhir pembelajaran serta dalam kehidupan mereka dilingkungan kampus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61689

Actions (login required)

View Item View Item