Peningkatan hasil belajar IPS melalui model mind mapping di kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar / Agustiningsih

Agustiningsih (2016) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model mind mapping di kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar / Agustiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustiningsih. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Mind Mapping di Kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suwarti, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. H. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial (ips), model mind mapping Hasil observasi dan wawancara terhadap proses pembelajaran IPS di kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar ditemukan beberapa permasalahan, antara lain: (1) guru tidak menggunakan RPP dalam mengajar. (2) Pembelajaran berpusat pada guru. (3) Guru tidak menggunakan media pembelajaran. (4) Siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan ide dan pikirannya. (5) Siswa hanya menghafalkan konsep-konsep yang disampaikan guru. (6) Siswa terbatas pada kegiatan membaca buku dan mendengar ceramah guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, oleh karena itu perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, panduan wawancara, lembar catatan lapangan, RPP, dan lembar soal. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dimulai dari tahap pratindakan, kemudian tindakan siklus I lalu siklus II. Kegiatan tahap tindakan siklus I dan II yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sedangkan kegiatan tahap pratindakan tanpa perencanaan. Hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian, yaitu peningkatan proses dan hasil. Pertama, peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Persentase keberhasilan aktivitas guru pada tindakan siklus I adalah 85% meningkat sebesar 15% menjadi 100% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Persentase keberhasilan aktivitas siswa pada tindakan siklus I adalah 86% meningkat sebesar 13% menjadi 99% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Kedua, peningkatan hasil belajar siswa. Tahap pratindakan yang semula rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 50 dengan ketuntasan belajar klasikal 21% meningkat pada siklus I menjadi 76 dengan ketuntasan belajar klasikal 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, ketuntasan belajar klasikal 88% dengan kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sentul 02 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item