Pengembangan media Pop Up Book dalam pembelajaran menulis narasi kelas V tema Sejarah Peradaban Indonesia / Ulfiyah Anis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Pop Up Book dalam pembelajaran menulis narasi kelas V tema Sejarah Peradaban Indonesia / Ulfiyah Anis

Anis, Ulfiyah (2016) Pengembangan media Pop Up Book dalam pembelajaran menulis narasi kelas V tema Sejarah Peradaban Indonesia / Ulfiyah Anis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anis Ulfiyah. 2016. Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Achmad Taufiq M.Pd. (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pop Up Book Pembelajaran Menulis Narasi Kelas V SD Bahasa merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Salah satu keterampilan berbahasa yang dibelajarkan di sekolah dasar yakni keterampilan menulis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa kajian terhadap artikel ilmiah dan penelitian terdahulu serta observasi dan wawancara di SDN Madyopuro 1 SDN Madyopuro III SDN Madyopuro V SDN Madyopuro VI ditemukan bahwa masih terdapat kesulitan dalam pembelajaran menulis narasi di kelas V. Kesulitan tersebut diantaranya belum tersedianya media pembelajaran tentang menulis narasi dan masih adanya kesalahan-kesalahan penulisan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini mengembangkan media Pop Up Book untuk pembelajaran menulis narasi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Pop Up Book yang efektif dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick Carey yang telah dimodifikasi. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yakni uji oleh ahli dan uji coba pengguna yang dilakukan di SDN Madyopuro I SDN Madyopuro III SDN Madyopuro V dan SDN Madyopuro VI dengan subyek coba terbatas. Berdasarkan uji ahli untuk mengetahui kualitas kelayakan produk diperoleh persentase 92% oleh ahli media yang berarti sangat layak. Dari ahli materi diperoleh persentase 75% yang berarti cukup layak. Dari ahli siswa (guru) diperoleh persentase 81 8% yang berarti cukup layak. Berdasarkan uji coba pengguna pada pretes dan postes dengan aspek kualitas hasil akhir dan kecepatan unjuk kerja diperoleh rata-rata kenaikan persentase 23 4% yang berarti bahwa media efektif untuk digunakan. Berdasarkan uji coba pengguna pada aspek kemenarikan diperoleh persentase 89% yang berarti bahwa media sangat menarik. Media Pop Up Book ini dapat dijadikan penunjang dalam pembelajaran menulis narasi kelas V Sekolah Dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media berupa Pop Up Book dengan tema dan sasaran yang berbeda. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6163

Actions (login required)

View Item View Item