Rahmawati, Anita (2016) Pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang / Anita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Anita. 2016. Pemanfaatan Lingkungan di Dalam Sekolah sebagai Sumber Belajar yang Kontekstual pada Siswa Kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo MS. MA. (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Lingkungan di Dalam Sekolah Sumber Belajar Kontekstual Lingkungan di dalam sekolah merupakan seluruh hal yang berada di dalam area sekolah sebagai tempat terjadinya pembelajaran dimana peserta didik menerima pesan. Lingkungan di dalam sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Siswa kelas rendah merasa sulit memahami materi pembelajaran jika tanpa menggunakan sumber belajar yang nyata. Untuk itu perlu dipertimbangkan lagi dalam memilih sumber belajar yang kontekstual. Berkaitan dengan itu peneliti menulis pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab masalah tentang perencanaan pelaksanaan kelebihan kendala serta upaya mengatasi kendala pada pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi studi dokumen dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manusia yaitu peneliti sendiri. Kegiatan mengolah dan memaparkan data dilakukan dengan coding categorizing serta conseping terhadap data kasar hasil wawancara studi dokumen dan observasi. Hasil analisis data tersebut diperoleh data sebagai berikut (1) guru telah merencanakan kegiatan pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual pada siswa kelas III dengan memperhatikan beberapa hal yang dituangkan dalam RPP (2) pelaksanaan pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang dilakukan di dalam dan di luar kelas dengan menggunakan sumber belajar yang dimanfaatkan maupun sumber belajar yang dirancang (3) pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang memberikan beberapa kelebihan yang dirasakan oleh guru maupun oleh siswa (4) pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang tidak terlepas dari beberapa kendala yang dirasakan dan dialami oleh guru maupun peserta didik (5) guru telah mengupayakan mengatasi atau meminimalisir kendala pada pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah sebagai sumber belajar yang kontekstual bagi siswa kelas III SDN Blimbing 1 Kota Malang. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan penelitian yang didapat oleh peneliti adalah supaya guru maupun tenaga pendidik lainnya memperhatikan dalam memilih sumber belajar yang hendak diterapkan kepada peserta didik khususnya sumber belajar yang kontekstual bagi peserta didik kelas rendah utamanya sumber belajar yang dekat dengan siswa. Perlunya perencanaan yang matang juga mampu memaksimalkan hasil pemanfaatan sumber belajar tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6162 |
Actions (login required)
View Item |