Pengembangan media pop up untuk pengenalan pakaian adat daerah Nusantara tema Kebutuhanku sub tema Pakaian Tradisional pada anak usia dini / Muhamad Ikhwan Nurdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pop up untuk pengenalan pakaian adat daerah Nusantara tema Kebutuhanku sub tema Pakaian Tradisional pada anak usia dini / Muhamad Ikhwan Nurdiansyah

Nurdiansyah, Muhamad Ikhwan (2016) Pengembangan media pop up untuk pengenalan pakaian adat daerah Nusantara tema Kebutuhanku sub tema Pakaian Tradisional pada anak usia dini / Muhamad Ikhwan Nurdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiansyah M. Ikhwan. 2016. Pengembangan Media Pop Up Untuk Pengenalan Pakaian Adat Daerah Nusantara Tema Kebutuhanku Sub Tema Pakaian Tradisional Pada Anak Usia Dini.Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pop Up Pakaian Adat Anak Usia Dini. Hasil observasi yang dilakukan di RA Perwanida 3 Malang diketahuisiswa yang cenderung terlalu aktif dalam belajar sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru dalam karena selama ini guru hanya menggunakan sumber belajar berupa buku yang masih berupa teks dan sedikit gambar. Sehingga menimbulkan kejenuhan yang berakibat perhatian siswa kurang fokus sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru dalam belajar karena rancangan buku ajar yang kurang disesuaikan dengan materi akibatnya memungkinkan materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan maksimal oleh siswa. Media Pop Upmerupakan sebuah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur tiga dimensi. Pemanfaatan media pop up yang menarik sebagai sumber belajar yang menyenangkan maka media pop up ini dikembangkan dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan gambar-gambar yang menarik agar menarik ketertarikan pada anak. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pop up yang valid dan layak digunakan dalam pengenalan pakaian adat daerah di Indonesia. Selain itu media pop up ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar yang menarik pada pengenalan pakaian adat daerah Nusantara tema kebutuhanku sub tema pakaian tradisional. Penelitian ini menggunakan model pengembanganSugiyono. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa TK-B di RA Perwanida 3 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan observer). Hasil pengembangan media pop uppengenalan pakaian adat daerah Nusantara telah divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicoba implementasikan kepada 20 siswa. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil persentase 83 75% di kategorikan valid ahli materi diperoleh hasil persentase 87 50%di kategorikan valid. Uji coba lapangan didapat kesimpulan bahwa dari segi kemenarikan sudah terpenuhi dan dari segi efektivitas hasil belajar diperoleh total persentase 96 25%. Dapat disimpulkan bahwa media popyang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan layak digunakan untuk pembelajaran. Agar produk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran maka ada beberapa saran yang terkait dengan media pop up. Peran guru dibutuhkan untuk menjelaskan media pop up untuk pengenalan pakaian adat daerah Nusantara kepada siswa. Sebelum disebarluaskan sebagai media penunjang pembelajaran sebaiknya disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait seperti guru TK dan sekolah untuk memperoleh pengakuan dan perijinan sebagai media yang valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item