Khomariyati, Nurul (2016) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V semester 2 di SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Nurul Khomariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khomariyati Nurul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif TemaSejarah Peradaban IndonesiaPadaSiswaKelas V Semester 2 di SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Murtiningsih M.Pd (2) Dra.NurHanifah M.Pd. Kata Kunci CD Interaktif TemaSejarahPeradaban di Indonesia Kelas V SD Perkembanganteknologidibidangpendidikandapatdimanfaatkanmenjadi media pembelajaran.Pembelajaranpadaumumnyahanyadibantuoleh media papantulis halinidirasasangatkurangbermaknabagisiswa.Berdasarkankegiatananalisiskebutuhan ditemukanbahwaguru selamainimasihmenggunakan media gambarsebagai media pembelajarandalampengajarannya.Bertumpupadahaltersebut makadikembangkansebuah media CD InteraktifTemaSejarahPeradaban Indonesia.Adapuntujuandaripenellitianiniyaitu menghasilkanproduk media CD InteraktifTemaSejarahPeradaban Indonesia yang valid menurut (1) ahlimateri (2)ahli media (3) ahlipengguna(guru) dan (4)siswa. Model yang digunakandalampenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodifikasi model Borg and Gall denganmelaksanakan 8 langkah. Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganmeliputianalisiskebutuhan desainproduk pengembangan media validasiahli revisitahappertama ujicobaskalaterbatas revisitahapkeduadanujicobaskalabesar.Hasilpengembanganiniyaituberupa media pembelajaran CD InteraktifTemaSejarahPeradaban Indonesia danbukupetunjukpenggunaan. Data hasilvalidasiahlimaterimendapathasilsebesar 90% validasiolehahli media mendapathasilsebesar 77 5% danvalidasiolehahlipengguna (guru) mendapathasilsebesar 95%. Hasilujicobaskalaterbatasterhadap 6 siswamendapathasilsebesar 88 75% sedangkanhasilujicobaskalabesarterhadap 20 siswamendapathasilsebesar 88%. Nilaipretestdariujicobaskalabesarmendapatkannilai rata-rata sebesar 65 dannilaiposttestmendapatkannilai rata-rata sebesar 89. Hal inisemakinmemperkuatbahwa media CD InteraktifTemaSejarahPeradaban Indonesia yang dikembangkantermasukdalamkategorisangat valid dansiapuntukdiimplementasikan.Media CD InteraktifTemaSejarahPeradaban Indonesia initelahdirevisiberdasarkan saran dankomentardariahlimateri ahli media ahlipengguna (guru) dansiswa. Saran pemanfaatan media CD Interaktifuntukselanjutnyadapatdigunakanolehguru sebagaialternatifpembelajaran di dalamkelassehinggaparasiswalebihtertarikdalampembelajarantersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6155 |
Actions (login required)
View Item |