Penggunaan media komik pada tema Sejarah Peradaban Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Selvi Nur Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media komik pada tema Sejarah Peradaban Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Selvi Nur Lailiyah

Lailiyah, Selvi Nur (2016) Penggunaan media komik pada tema Sejarah Peradaban Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Selvi Nur Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailiyah Selvi Nur. 2016. Penggunaan Media Komik pada Tema Sejarah Peradaban Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Rumidjan M.Pd. Kata kunci media komik hasil belajar kelas V SD. Hasil observasi dan wawancara di kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang menunjukkan bahwa belum adanya penggunaan media pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah yang dibuktikan dari hasil tes formatif yaitu separuh dari 26 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Alternatif pemecahan masalah pembelajaran di kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang peneliti menganjurkan penggunaan media dalam pembelajaran yaitu melalui penggunaan media komik. Media komik adalah sarana pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi melalui situasi cerita dan tokoh pelaku yang memerankan cerita berkaitan dengan materi pembelajaran.Peneliti tertarik menggunakan media komik pada tema sejarah peradaban Indonesia pada tema ini terdapat subtema yang pembelajarannya memadukan 3-4 muatan mata pelajaran seperti IPS bahasa Indonesia PPKn dan matematika yang hanya berupa teks. Tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu mendeskripsikan (1) penggunaan media komik pada tema sejarah peradaban Indonesia (2) hasil belajar siswa melalui penggunaan media komik pada tema sejarah peradaban Indonesia. Subjek penelitian yaitu 26 siswa kelas VA SDN Madyopuro 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan berupa PTK yang menggunakan siklus PTK model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian penggunaan media komik pada tema sejarah peradaban Indonesia menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar aspek sikap yakni peningkatan yang dicapai dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 8 83% peningkatan hasil belajar aspek keterampilan yakni peningkatan yang dicapai dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10 15% dan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan pada saat pra tindakan ke siklus 1 sebanyak 4 11% sedangkan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 11 27%. Kesimpulan dari penelitian yaitu penggunaan media komik pada tema sejarah peradaban Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan agar kepala sekolah dan guru bisa menjadikan referensi pembelajaran dengan menggunakan media komik yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi efektif sekaligus menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6154

Actions (login required)

View Item View Item