Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 7 cita-citaku di kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri / Kristin Dwi Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 7 cita-citaku di kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri / Kristin Dwi Oktavia

Oktavia, Kristin Dwi (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 7 cita-citaku di kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri / Kristin Dwi Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Kristin Dwi. 2016 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Cita-citaku di Kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Skripsi. Program Studi S1 PGSD. Jurusan KSDP. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata kunci model kooperatif tipe STAD aktivitas hasil belajar tema cita-citaku. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri di temukan bahwa(1) Pembelajaran didominasi oleh guru (2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran masih kurang dan (3) Hasil belajar siswa masih kurang terdapat beberapa siswa nilainya dibawah Standar Ketuntasan Minimal. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri pada semester genap pada tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dengan (1) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik (2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 63% meningkat menjadi 78 23% pada siklus II (3) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 57 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 20 84% pada siklus I meningkat nilai rata-rata siswa menjadi 66 97 dengan persentase ketuntasan klasikal 47 9% dan pada siklus II juga meningkat 78 85 dengan persentase ketuntasan klasikal 83 33%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tema 7 Cita-citaku dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gadungan 04 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperhatikan langkah-langkah pada STAD seperti penyampaian motivasi dan tujuan pembelajaran pembagian kelompok presentasi guru kegiatan belajar dalam kelompok pemberian kuis dan penghargaan prestasi tim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item