Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas V sekolah dasar / Fahma Alfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas V sekolah dasar / Fahma Alfiana

Alfiana, Fahma (2016) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas V sekolah dasar / Fahma Alfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiana Fahma. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M.Pd. Kata Kunci lembar kegiatan siswa pendekatan saintifik Sekolah Dasar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan lembaran-lembaran berisi tugas yang diberikan pada siswa guna mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SDN Bunulrejo 1 Malang ditemukan fakta bahwa guru belum menggunakan LKS selama pembelajaran pada semester Genap terutama untuk materi IPA yang membutuhkan kegiatan percobaan. LKS pada semester Ganjil lebih banyak digunakan untuk memberi tugas rumah dan isinya belum memenuhi kriteria saintifik. Tidak semua guru dapat mengembangkan LKS sendiri. Penelitian ini mengembangkan LKS berbasis pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Hasil pengembangan berupa produk LKS yang memenuhi kriteria 5M dalam pengorganisasian tugasnya. Pengembangan LKS untuk materi IPA di kelas V pada tema Sejarah Peradaban Indonesia. Penelitian dilakukan di SDN Bunulrejo 1 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas V. Berdasarkan uji formatif oleh 2 orang ahli materi diperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 83%. Uji formatif pada 2 orang ahli media diperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 86%. Berdasarkan data ahli materi dan ahli media tersebut apabila mengacu pada kualifikasi penilaian pengambilan keputusan untuk merevisi produk dinilai sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Uji formatif pada ahli pengguna (guru) didapatkan persentase penilaian 74%. Berdasarkan data tersebut apabila mengacu pada kualifikasi penilaian pengambilan keputusan untuk merevisi produk dinilai cukup valid atau dapat digunakan dengan revisi kecil. Sedangkan perbedaan hasil belajar pre tes dan pos tes ketika uji coba lapangan menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat 21%. Jika dilihat dari perolehan skor pos tes sebanyak 93% siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan data hasil belajar tersebut apabila mengacu pada kualifikasi penilaian pengambilan keputusan untuk merevisi produk dinilai efektif atau dapat digunakan. LKS yang dikembangkan oleh peneliti berfungsi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada buku siswa yang berupa petunjuk/pedoman belajar bagi siswa serta petunjuk melakukan percobaan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan LKS tematik serta proses uji coba dapat mencakup beberapa sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item