Studi penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X Bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten tulungagung / Batriyana Ayu Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X Bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten tulungagung / Batriyana Ayu Puspitasari

Puspitasari, Batriyana Ayu (2016) Studi penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X Bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten tulungagung / Batriyana Ayu Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Ayu Batriyana. 2016. Studi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Direct Instruction pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono M. Pd. (II) Eka Pramono Adi S. I. P M. Si. Kata Kunci model pembelajaran teknik komputer dan jaringan Pendidikan Menengah Kejuruan merupakan pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja melihat peluang kerja dan mengembangkan diri di kemudian hari. Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Hal tersebut menuntut guru harus mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran dengan tepat. Model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran materi yang diajarkan dan karakteristik siswa membuat proses belajar mengajar tercapai dengan optimal. Model pembelajaran Problem BasedLearning dan Direct Instruction merupakan dua model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran Problem BasedLearning merupakan model pembelajaran untuk siswa mengkostruksikan sendiri pembelajaran yang diperolehnya. Sementara model pembelajaran Direct Instruction merupakan model pembelajaran yang masih berpusat di guru yang proses pembelajarannya guru menuntut dan membantu siswa dalam memperoleh pembelajarannya. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung dengan notaben sekolah dengan prestasi tinggi terutama dijurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Subyek/informan utama adalah lima orang guru mata pelajaran produktif kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kajian ini dimaksudkan untuk meneliti seberapa banyak guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning atau model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran produktif jurusan Teknik Komputer Jaringan. Sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai rujukan untuk meningkatan kualitas Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan lainnya. Penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Data yang dipaparkan merupakan data tentang model pembelajaran yang masing-masing informan gunakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dengan peneliti sendiri yang menjadi instrumen utama. Kegiatan analisis data dimulai dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori menjabarkan ke dalam unit-unit melakukan sintesa menyusun ke dalam pola memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa 4 (empat) informan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan 1 (satu) informan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Sehingga model pembelajaran yang paling tinggi tingkat penggunaanya adalah yang adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan empat dari lima informan menggunakan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item