Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif group investigation siswa kelas V SDN Gilang Kabupaten Tulungagung / Rahayuningtyas Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif group investigation siswa kelas V SDN Gilang Kabupaten Tulungagung / Rahayuningtyas Handayani

Handayani, Rahayuningtyas (2016) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif group investigation siswa kelas V SDN Gilang Kabupaten Tulungagung / Rahayuningtyas Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Rahayuningtyas. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Siswa Kelas V SDN III Gilang Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd (2) Drs. H. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata kunci ips hasil belajar group investigation Hasil observasi pada pembelajaran IPS kelas V SDN III Gilang Kabupaten Tulungagung dan wawancara dengan guru kelas V diketahui bahwa (1) guru tidak membuat sendiri RPP dan LKS (2) guru tidak menggunakan model pembelajaran (3) guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan (4) guru tidak membentuk kelompok belajar dan tidak semua siswa aktif saat kegiatan belajar (5) sebagian siswa kesulitan memahami materi karena terbatasnya media dan tidak berani bertanya (6) hasil belajar siswa ditentukan dari aspek pengetahuan saja. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yakni 12 dari 30 siswa tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 40%. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada pembelajaran IPS dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS setelah diajar menggunakan model Group Investigation. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik observasi (2) teknik tes (3) teknik wawancara (4) teknik dokumentasi (5) catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Pada penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas V sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Dibuktikan dengan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 82 82% aktivitas siswa sebesar 79 17% . Sedangkan siklus II persentase aktivitas guru sebesar 96 88% dan aktivitas siswa sebesar 97 92%. Rata-rata hasil belajar tahap pratindakan 60 01 siklus I 69 24 siklus II 82 31. Ketuntasan belajar klasikal tahap pratindakan 40% siklus I 63% siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni 30 siswa dapat tuntas seluruhnya. Oleh karena itu disarankan hendaknya peneliti lebih mengembangkan model Group Investigation menjadi lebih baik lagi bagi siswa lebih aktif berpikir mandiri guru dapat menerapkan dan mengembangkan model Group Investigation pada mata pelajaran lain yang sesuai dan bagi sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item