Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar / Zahwa Ul Navisarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar / Zahwa Ul Navisarini

Navisarini, Zahwa Ul (2016) Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar / Zahwa Ul Navisarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Navisarini Zahwa Ul. 2016. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H. (II) Drs. H. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata Kunci hasil belajar organisasi model mind mapping Model pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian siswa masih rendah hal ini bisa dilihat dari 24 siswa sebanyak 20 siswa (83%) yang belum tuntas belajar dan hanya 4 siswa (17%) yang tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif dan kurang bersemangat pembelajaran berpusat pada guru pembelajaran bersifat konvensional dan kurangnya variasi dalam model pembelajaran. Banyak siswa yang ramai sendiri dan terlihat bosan sehingga hasil belajarnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping pada mata pelajaran PKn materi organisasi siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi organisasi siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar melalui model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sentul 2 Kota Blitar. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% dan meningkat pada siklus II sebesar 96%. Sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I sebesar 78% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Nilai hasil rata-rata siswa pada pratindakan adalah 64 dengan ketuntasan belajar sebesar 17%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan belajar sebesar 58%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping pada mata pelajaran PKn materi organisasi sudah sangat baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model Mind Mapping. Saran untuk guru dapat mengembangkan model Mind Mapping pada mata pelajaran lainnya untuk siswa hendaknya dapat saling bekerja sama saat belajar kelompok dan untuk sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item