Penerapan model pembelajaran problem based learning tema 7 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning tema 7 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari

Ratnasari, Erma Deffi (2016) Penerapan model pembelajaran problem based learning tema 7 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Erma Deffi. 2016.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tema 7 untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi H.Sy S.Pd M.Pd (2) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata Kunci Penerapan Model PBL Aktivitas Hasil Belajar Tematik SD Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di Kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi ditemukan bahwa (1) guru lebih dominan menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru (2) pada saat pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang main sendiri dengan teman sebangku dan ramai sehingga mengganggu teman lainnya (3) dalam pelaksanaannya banyak siswa banyak siswa menggunakan hafalan untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya (4) ketika guru memberi pertanyaan banyak siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut dan siswa lebih banyak diam jika ditanya oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang didalamnya melibatkan siswa untuk berusaha memecahkan masalah melalui tahap-tahap tertentu. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada tema 7 kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi (2) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada tema 7 Kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupatan Ngawi (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning tema 7 Kelas V SDN pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi . Metode penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas serta menggunakan siklus Kemmis Mc. Tagart. Pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesmpulan. Serta penghitungan data menggunakan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning di Kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 80% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 85 %. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85% meningkat pada pertemuan 2 sebesar 90%. Pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan peningkatan tersebut terlihat pada siklus 1 pertemuan 1 69% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 78 25%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sebesar 82 75% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86 25%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 80%. Dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 90% meningkat pada pertemuan 2 sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 7 kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Dengan demikian disarankan hendaknya guru menerapkan model pembelajaran problem based learning agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item