Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi cooperative script pada siswa kelas 5 SDN Pulosari 1 Kabupaten Tulungagung / Ana Wahyu Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi cooperative script pada siswa kelas 5 SDN Pulosari 1 Kabupaten Tulungagung / Ana Wahyu Kurnia

Kurnia, Ana Wahyu (2016) Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi cooperative script pada siswa kelas 5 SDN Pulosari 1 Kabupaten Tulungagung / Ana Wahyu Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Ana Wahyu. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Cooperative Script pada siswa kelas 5 SDN Pulosari 1 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd. (2) Suminah S.Pd M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar ips strategi cooperative script Hasil observasi pada pembelajaran IPS kelas 5 SDN Pulosari 1 Kabupaten Tulungagung dan wawancara guru kelas 5 diketahui bahwa 1) jarang dilakukan pembelajaran kooperatif di kelas 2) hasil belajar siswa rendah 3) minat membaca siswa kurang 4) keaktivan siswa rendah 5) siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru 6) siswa kesulitan mendeskripsikan mengenai materi yang diajarkan akibatnya hasil belajar siswa rendah yakni 1 dari 26 siswa tuntas ketuntasan klasikal 3 8%. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan strategi Cooperative Script pada pembelajaran IPS (proses belajar) dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS setelah diajar menggunakan strategi Cooperative Script. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian proses berupa 1) lembar observasi aktivitas guru 2) lembar observasi aktivitas siswa 3)catatan lapangan 4)dokumentasi. Instrumen penilaian hasil berupa 1) soal evaluasi tiap pertemuan 2) penilaian pengetahuan 3) penilaian sikap 4)penilaian keterampilan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Dibuktikan dengan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 85 75% aktivitas siswa sebesar 82 5 % . Sedangkan siklus II persentase aktivitas guru sebesar 97 5 % dan aktivitas siswa sebesar 94 75 % . Rata-rata hasil belajar tahap pratindakan 44 15 siklus I 72 15 siklus II 87 3. Ketuntasan belajar klasikal tahap pratindakan 3 8% siklus I 58 5% siklus II 96 5%. Kesimpulan bahwa penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni 26 siswa dapat tuntas seluruhnya.Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk menggunakan media kegiatan merangkum dengan menulis konsep penting serta strategi pembelajaran yang tepat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item View Item