Faktor-faktor yang mempengaruhi rasionalitas ekonomi siswa SMA di Malang Raya / Purwaningrum Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi rasionalitas ekonomi siswa SMA di Malang Raya / Purwaningrum Puji Lestari

Purwaningrum Puji (2010) Faktor-faktor yang mempengaruhi rasionalitas ekonomi siswa SMA di Malang Raya / Purwaningrum Puji Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Pengetahuan dasar Ekonomi (Economic Literacy) Persepsi Minat belajar Rasionalitas Ekonomi Rasionalitas ekonomi sebagai sikap yang mencerminkan kecenderungan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa SMA sejak mereka mengenal aktivitas ekonomi di lingkungan keluarga maupun masyarakat di sekitar kehidupannya. Pemahamannya kemudian diperkaya melalui pendidikan ekonomi di sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga kelas akhir di SMA. Meskipun demikian secara umum nampak bahwa sikap dan perilaku ekonomi siswa SMA kurang rasionalitas. Bila ditelaah penyebabnya dapat berasal dari lingkungan keluarga dan masyarakat karena di lingkungan tersebut selain belajar siswa SMA juga memperoleh pengaruh negatif terkait dengan nilai-nilai rasionalitas ekonomi. Kelemahan pendidikan ekonomi di sekolah dapat pula menjadi penyebab kurang rasionalnya siswa SMA dalam sikap dan perilaku ekonomi. Penelitian ini secara umum dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi rasionalitas ekonomi siswa SMA di jenjang kelas akhir secara spesifik penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) pengaruh minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) pengaruh persepsi atas kompetensi guru ekonomi terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi pengaruh minat siswa pada pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi pengaruh persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi pengaruh pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi dan pengaruh tidak langsung status sosial ekonomi orangtua minat pada mata pelajaran ekonomi persepsi atas kompetensi guru ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi melalui pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa SMA di Malang Raya. Penelitian eksplanatori ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa SMA kelas XII Jurusan IPS yang ada di Malang Raya (Kota Malang Kabupaten Malang dan Kota Batu). Sampel berjumlah 305 orang dan dipilih dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status sosial ekonomi orang tua minat siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi dan rasionalitas ekonomi siswa SMA. Sementara teknik tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar SEM (Structural Equation Modeling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.30 for Windows NT. Hasil penelitian menyimpulkan (1) tidak ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat pada pelajaran ekonom terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (3) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru ekonomi terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (4) terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi (5) terdapat pengaruh yang signifikan minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi (6) tidak ada pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi (7) terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi (8) tidak ada pengaruh tidak langsung yang signifikan status sosial ekonomi orangtua terhadap rasionalitas ekonomi melalui pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (9) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi melalui pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) dan (10) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan persepsi atas kompetensi guru ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi melalui pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa SMA di Malang Raya. Dari temuan penelitian dapat diajukan saran sebagai berikut Guru ekonomi sebaiknya meningkatkan intensitasnya dalam mengembangkan pembelajaran melalui telaah kritis kurikulum mengembangkan pengetahuan tentang fenomena-fenomena ekonomi terkini dan meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan komputer dan mengakses internet. Sekolah perlu mengembangkan laboratorium ekonomi sebagai pusat sumber belajar ekonomi bagi siswa untuk itu sekolah perlu menjalin kerjasama dengan pergurun tinggi. Kerjasama tersebut juga dimaksudkan untuk melakukan penelitian bersama dalam kaitannya dengan pengembangan pembelajaran ekonomi di sekolah. Perguruan Tinggi Khususnya Jurusan Pendidikan Ekonomi disarankan untuk memprakarsai dilakukannya kajian dan revisi kurikulum pelajaran ekonomi. Selain itu Jurusan Pendidikan Ekonomi disarankan pula untuk mengembangkan strategi dan model-model pembelajaran ekonomi inovatif yang mampu memberikan pengaruh positif bagi peningkatan intensitas siswa untuk meningkatkan rasionalitas ekonomi sesuai dengan konteks Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61406

Actions (login required)

View Item View Item