Persepsi tentang penerapan kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu / Ade Hani Saiful Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi tentang penerapan kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu / Ade Hani Saiful Prasetya

Prasetya, Ade Hani Saiful (2016) Persepsi tentang penerapan kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu / Ade Hani Saiful Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Ade. 2016. Persepsi tentang Penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed (2) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd. Kata Kunci Persepsi Penerapan Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.SMPN 1 Batu merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menerapkan Kurikulum 2013 dari 30 sekolah yang ada di Kota Batu. Sampai saat ini SMPN 1 Batu masih menerapkan Kurikulum 2013 meskipun ada himbauan dari Mendiknas untuk kembali menggunakan KTSP. Hal itu dikarenakan Kurikulum 2013 sudah memasuki tahun ke 3 penerapannya di SMPN 1 Batu karena itu sekolah memilih untuk tetap menjalankan proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti disini ingin mengkaji persepsi tentang penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu selama ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup 1) persepsi guru SMPN 1 Batu terhadap pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 2) persepsi guru mengenai faktor pendukung penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Batu 3) persepsi guru mengenai faktor penghambat penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu 4)persepsi guru mengenai cara mengatasi faktor penghambat penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu 5) persepsi siswa kelas vii SMPN 1 batu terhadap pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah guru dan siswa SMPN 1 Batu. Sampel dilakukan secara random sampling yaitu guru kelas VII dan VIII SMPN 1 Batu berjumlah 30 orang serta siswa kelas VIIE SMPN 1 Batu berjumlah 30 siswa. Sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik persentase sedangkan pengukurannya menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) persepsi guru SMPN 1 Batu terhadap pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 mencapai angka 70% sehingga dikategorikan positif 2) faktor pendukung penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu antara lain (a) sarana prasarana karena SMPN 1 Batu merupakan sekolah RSBI sebelumnya dengan sarana prasarana yang memadai (buku penunjang untuk guru dan siswa perpustakaan dan laboratorium memadai) (b) input siswa yang baik (c) motivasi pembina mata pelajaran (d) seringnya diadakan pelatihan mengenai penerapan Kurikulum 2013 3) faktor penghambat penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu antara lain (a) karakter peserta didik yang berbeda-beda (b) buku yang digunakan tidak sistematis (c) penilaian yang terlalu rumit (d) materi yang ada berbelit-belit dan menjenuhkan peserta didik 4) cara guru mengatasi faktor penghambat penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 1 Batu antara lain (a) mengikuti pelatihan (b) berusaha mencari referensi buku lain yang berkaitan dengan Kurikulum 2013 (c) melaksanakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di sekolah setiap hari sabtu (d) mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan mampu memotivasi peserta didik (e) menerapkan metode pembelajaran yang mudah diterima peserta didik 5) persepsi siswa kelas VII SMPN 1 Batu terhadap pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 mencapai angka 74 2% sehingga dikategorikan positif. Saran peneliti 1)bagi guru diharapkan berpartisipasi aktif dalam forum MGMP di sekolah sehingga kesulitan yang dialami dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat ditemukan solusinya 2) bagi sekolah hendaknya kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 terutama yang membahas mengenai cara penilaian dalam Kurikulum 2013 lebih sering digiatkan lagi 3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengadakan penelitian untuk memecahkan masalah guru mengenai kesulitan mereka dalam memahami penilaian auntentik pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item