Pengembangan model pelatihan pendidikan ekonomi petani Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi / Danan Imananda

Imananda, Danan (2019) Pengembangan model pelatihan pendidikan ekonomi petani Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi / Danan Imananda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imananda, Danan 2018. Pengembangan Model Pelatihan Pendidikan Ekonomi Petani Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing I Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E, Pembimbing II Dr. H. Agung Haryono, S.E, M.P, Ak Kata Kunci, pengembangan model pembelajaran ekonomi, pelatihan, pendidikan nonformal Pengetahuan ekonomi perlu dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat yang sejahtera. Masyarakat dapat mengetahui tentang pentingnya pengetahuan ekonomi yang memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Kurang pemahaman tentang pengetahuan ekonomi dialami berbagai kalangan masyarakat, terutama pada petani. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pendidikan non formal melalui pelatihan guna memberikan pengetahuan tentang pendidikan ekonomi kepada petani. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan: 1) Model pelatihan Pendidikan Ekonomi, 2) Bahan Pelatihan dan 3) Menguji efektivitas model yang berdasarkan analisis kebutuhan petani dengan beberapa materi yaitu penggunaan uang secara produktif, pengelolaan keuangan keluarga, dan pengembangan desa melalui pertanian. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan pendekatan Design-Based Research (DBR). Langkah DBR ada 6 fase, yaitu (1) identifikasi masalah, (2) merumuskan produk, (3) desain dan pengembangan, (4) uji coba, (5) evaluasi produk, (6) penyempurnaan produk. Penelitian dan pengembangan merupakan suatu proses merancang, mengembangkan, memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran, kemudian menguji kelayakannya melalui serangkaian uji coba. Data yang dikumpulkan dengan observasi, wawancara mendalam, lembar validasi, dan dokumentasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan para peserta yang merupakan petani memiliki pengetahuan ekonomi. Hal ini dibuktikan dari beberapa latihan soal dan diskusi pada saat pelatihan berlangsung. Berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukkan nilai rata-rata 91. Hal ini juga diperkuat dari wawancara dengan peserta yang menyatakan bahwa mendapatkan pengetahuan tentang ekonomi dan mau menerapkan pada kehidupan-sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61394

Actions (login required)

View Item View Item