Implementasi prinsip ekonomi dalam kegiatan bisnis online / Fitria Asri Ratnaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi prinsip ekonomi dalam kegiatan bisnis online / Fitria Asri Ratnaningrum

Ratnaningrum, Fitria Asri (2019) Implementasi prinsip ekonomi dalam kegiatan bisnis online / Fitria Asri Ratnaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii Abstrak Ratnaningrum Fitria Asri. 2018. Implementasi Prinsip Ekonomi Dalam Kegiatan Bisnis Online. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (2) Dr. Cipto Wardoyo M.Pd. M.Si. Ak CA Kata Kunci Implementasi Prinsip Ekonomi Bisnis Online Perkembangan teknologi pada era millenial saat ini telah berkembang ke berbagai bidang salah satunya adalah bidang perdagangan. Dengan masuknya teknologi dalam perdagangan hal ini berpengaruh postif terhadap perkembangan bisnis. Berbagai kemudahan ditawarkan dalam melakukan aktivitas ekonomi mulai dari membeli hingga menjual sehingga menarik para pelaku usaha untuk menjajal dunia bisnis online. Konsumen sangat dimanjakan dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online saat ini oleh karena itu bisnis online menjadi salah satu kegiatan yang menjanjikan untuk memperoleh keuntungan dalam dunia usaha. Namun pada kenyataanya bisnis online ini masih memiliki karakteristik yang sama dengan bisnis-bisnis lain pada umumnya. Para pelaku bisnis online juga akan tetap dihadapkan oleh berbagai pilihan-pilihan dalam mengembangkan usahanya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif fenomenologi karena dalam penelitian ini peneliti ingin memahami dan memperoleh pandangan/pemikiran para pebisnis online tentang makna prinsip ekonomi yang dilakukan dalam melakukan kegiatan perdagangan online secara alami. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang melakukan kegiatan berjualan online. Penelitian tidak terbatas wilayah tertentu mengingat bahwa bisnis online adalah bisnis virtual yang tidak berbentuk fisik dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dalam penelitian ini peneliti akan lebih memfokuskan dan lebih banyak meneliti pada para penjual online di Kota Malang dengan pertimbangan bahwa Kota Malang merupakan kota besar yang banyak masyarakat melakukan kegiatan berjualan online untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekedar pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa pelaku bisnis online memiliki startegi-strategi yang berbeda dalam mengambil keputusan pada setiap pilihan-pilihan yang dihadapi. Hal ini juga berpengaruh kepada keberhasilan usaha yang mereka jalankan. Keberhasilan usaha dalam bisnis online juga berhubungan dengan modal yang dimiliki pengelolaan keuangan strategi pemasaran dan pendidikan para pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61393

Actions (login required)

View Item View Item