Pemberdayaan agribisnis Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus di pondok pesantren Miftahul Ulum Pare Kabupaten Kediri) / Imam Thoha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan agribisnis Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus di pondok pesantren Miftahul Ulum Pare Kabupaten Kediri) / Imam Thoha

Thoha, Imam (2019) Pemberdayaan agribisnis Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus di pondok pesantren Miftahul Ulum Pare Kabupaten Kediri) / Imam Thoha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Thoha Imam. 2018. Pemberdayaan Agribisnis Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dusun Jombangan Desa Jombangan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M. E. M. Pd.(II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci Pemberdayaan Agribisnis Pendidikan Ekonomi Pondok Pesantren Miftahul Ulum (PPMU) Penelitian ini diawali dari adanya fenomena tentang adanya pondok pesantren Dusun Jombangan Desa Jombangan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang mampu membekali pembelajaran agribisnis di pondok pesantren. Hal yang unik bisa diambil dari pondok pesantren ini adalah kemampuan memberdayakan agribisnis pondok pesantren secara internal dan juga sudah terbukti bisa mengajak masyarakat disekitar lingkungan pesantren untuk bergerak membangun kemandirian ekonomi. Sehingga PPMU ini ada yang berbeda yang tidak banyak ditemui di pondok pesantren lain yaitu adanya pembelajaran agribinis. Dengan adanya keunikan ini perlu adanya penelitian di pondok pesantren ini untuk memperoleh ilmu tentang pendidikan ekonomi khas pondok pesantren yang mampu mambangun ekonomi pondok pesantren maupun lingkungan pesantren bahkan di seluruh Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini mengunakan studi kasus yang bertujuan untuk mengeksplorasi proses pembelajaran agribisbis dan makna pemberdayaan agribis di PPMU dalam perspektif pendidikan ekonomi. Teknik pengumpulan data mengunakan (1) Wawancara (2) observasi partisipan (3) dan studi dokumentasi. Data dari hasil pengumpulan data akan diorganisasi ditafsir dan dianalisis secara mendalam. Kredibilitas penelitian ini dilakukan dengan prosedur triangulasi data pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Sedangkan depandabilitas dan konfirmabilitas dilakukan dengan pembimbing. Temuan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) pemberdayaan agribisnis menambah skill di bidang kewirausahaan di agribisnis (2) pemberdayaan agribisnis secara pendidikan ekonomi mempunyai pengalaman di bidang pengelolaan pertanian dan perkebunan dengan menerapkan prinsip ekonomi (3) Pendidikan ekonomi pada kewirausahaan agribisnis di lembaga non formal tidak diajarkan secara teori tapi lebih ditekan pada praktek dan (4) santri yang memberdayakan agribisnis mempunyai kemampuan menjalain relasi dengan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pembelajaran agribisnis di PPMU diterapkan dengan menggunakan pendekatan sistem dengan susunan komponen berupa input proses dan ouput dengan mengunakan hidden kurikulum Metode pembelajaran yang dilakukan melalui tutor sebaya dan Musyawarah/Diskusi dan model pembelajaran konstruktivistik (2) Pemberdayaan agribisni di pondok pesantren merupakan media yang memberdayakan ekonomi komunitas pesantren mengajarkan semangat bekerja kepada santri dan menciptakan miniatur entrepreneur yang islami untuk menciptakan kesejahteraan anggota komunitas ketika sudah bermasyarakat .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61389

Actions (login required)

View Item View Item