Pengembangan model pelatihan pendidikan ekonomi ramah lingkungan pada petani di Desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Niati Lisma

Lisma, Niati (2019) Pengembangan model pelatihan pendidikan ekonomi ramah lingkungan pada petani di Desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Niati Lisma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Lisma, Niati. 2018. Pengembangan Model Pelatihan Pendidikan Ekonomi Ramah Lingkungan Pada Petani Di Desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E., (II) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P, Ak. Kata Kunci: model pelatihan, pendidikan ekonomi ramah lingkungan, getok tular Upaya untuk mendukung pembangunan pertanian, maka perlu ditingkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui jalur pendidikan nonformal. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka perluasan pedidikan terfokus pada pendidikan orang dewasa yang berprofesi sebagai petani melalui sebuah pelatihan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pelatihan pendidikan ekonomi ramah lingkungan dalam kegiatan rembug gayeng kampung tani. Diharapkan melalui pengembangan model pelatihan ini peserta pelatihan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang ekonomi ramah lingkungan untuk pertanian berkelanjutan. Sehingga dapat meningkatkan pemasaran melalui peningkatan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan model design-based research (DBR) dengan menerapkan model 6-fase, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) penjabaran tujuan, (3) penyusunan desain, (4) uji coba model, (5) evaluasi hasil ujicoba model, (6) komunikasi hasil. Model pelatihan yang telah dikembangkan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan wawasan petani terkait pendidikan ekonomi ramah lingkungan dan pemasaran produk pertanian melalui internet yang diketahui berdasarkan hasil pre dan post test. Pembelajaran melalui pengalaman yang diterapkan dalam model ÔÇ£Getok TularÔÇØ dapat menumbuhkan kesadaran petani untuk beralih ke pertanian berkelanjutan dan menambah wawasan tetang pemasaran hasil tani melalui internet. Melalui proses pembelajaran, petani memiliki tambahan pengetahuaan dan wawasan mengenai: 1) pengetahuan ekonomi ramah lingkungan yang dapat diterapkan dalam aktivitas pertanian sehingga meningkatkan nilai jual pada produk yang dihasilkan karena memiliki kualitas lebih menyehatkan dalam pengolahan produk tani, 2) kemudahan dalam pemasaran produk melalui internet. Petani peserta pelatihan tertarik untuk menerapkannya dalam aktivitas bertani. Hal ini dirasa dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami oleh peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61388

Actions (login required)

View Item View Item