Pemberdayaan ekonomi masyarakat perbatasan dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kalimantan barat) / Hidayanti

Hidayanti (2019) Pemberdayaan ekonomi masyarakat perbatasan dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kalimantan barat) / Hidayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hidayanti.2018.Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi (Studi Kasus Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kalimantan Barat). Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd, (2) Dr.Sugeng Hadi Utomo, M.S Kata Kunci : Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat Perbatasan, Pendidikan Ekonomi Nawacita pemerintah membangun Indonesia dalam rangka memperkuat persatuan dan pemerataan dari pinggiran hingga ke pelosok-pelosok daerah dan desa sedang dijalankan. Hal ini dimaksukan agar tidak lagi ada ketimpangan dan terjadi pemerataan antara daerah satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, pemerintah tentunya memiliki program-program dalam memberdayakan daerah-daerah tertinggal agar tidak lagi tertinggal dengan daerah yang lainnya.Dalam hal ini pemberdayaan yang dimaksudkan adalah pemberdayaan dan memberdayakan yang berarti bahwamemberikan kekuasaan atau otoritas penuh kepada pihak tertentu sebagai bagian upaya mecapai keberdayaan di setiap daerahnya. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah potensi ekonomi yang ada di Desa Temajuk Kecamatan Paloh dan Bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat perbatasan di Desa Temajuk Kecamataan Paloh. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai potensi sumber daya ekonomi dan upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menjelaskan bahwa potensi sumber daya ekonomi yang ada di Desa Temajuk sangat melimpah, namun belum seutuhnya dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar. Dan upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Temajuk, masih tergolong belum optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61386

Actions (login required)

View Item View Item