Pengembangan modul caring economics pada anak sekolah dasar / Arwini Hasyim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul caring economics pada anak sekolah dasar / Arwini Hasyim

Hasyim, Arwini (2018) Pengembangan modul caring economics pada anak sekolah dasar / Arwini Hasyim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasyim Arwini.2017. Pengembangan Modul Caring Economic pada Anak Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Mit Witjaksono M.SE. (2) Dr. H. Agung Hariyono S.E.M.P.Ak. Kata Kunci Modul Caring Economic Caring Economic. Berdasarkan Easterlin Paradox atau Happiness Paradox Product Domestic Bruto (PDB) tidak menjamin kebahagiaan penduduk suatu negara. Seperti halnya negara Singapura yang menjadi negara maju di ASEAN seiring dengan peningkatan PDB negara namun berbanding terbalik dengan hasil survei Indeks Kebahagiaan negara tersebut mengalami penurunan rangking. Sehingga dapat dikatakan Product Domestic Bruto (PDB) yang merupakan salah satu ciri dari perekonomian Neoklasik tidak mampu menjadi solusi perekonomian saat ini. Salah satu solusinya perlu diperkenalkan dengan pendekatan Caring Economic dalam pembelajaran. Beberapa negara telah membuktikan dengan penerapan nilai- nilai Caring Economic dalam pembelajaran dapat membawa yang baik bagi tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan suatu negara. Kebutuhan penduduk suatu negara tersebut tercukupi akibat kerjasama yang sesuai dengan nilai-nilai Caring Economic. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran yang valid menarik dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall . Adapun langkah-langkah penelitian ini sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draft awal produk (4) Uji validasi ahli (5) Revisi uji validasi ahli (6) Uji Coba Terbatas (7) Penyempurnaan hasil uji coba terbatas (8) Uji coba lapangan (9)Penyempurnaan produk akhir. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari perhitungan hasil angket yang diberikan kepada para ahli guru maupun siswa. Sedangkan data kualitatif didapatkan dari tanggapan masukan dan saran perbaikan dari para ahli guru maupun siswa. Media yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi ahli angket tanggapan siswa angket tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poduk modul dilihat dari seluruh aspek yang ditentukan adalah layak untuk dipakai. Hasil validasi ahli 82 5% tingkat kemenarikan siswa yag didapat dari uji coba terbatas adalah 79 17% tingkat kepraktisan poduk yang diambil dari angket siswa pada uji coba lapangan adalah 83 57%. Semua hasil dari pengumpulan data menetapkan bahwa produk tersebut layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61380

Actions (login required)

View Item View Item