Internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam rumah tangga masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara / Melviana Yunita Naisau

Naisau, Melviana Yunita (2018) Internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi dalam rumah tangga masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara / Melviana Yunita Naisau. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naisau Melviana Yunita. 2017. Internalisasi Nilai- nilai Pendidikan Ekonomi Dalam Rumah Tangga Masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Cipto Wardoyo M.Pd. M.Si.Ak. CA Kata Kunci Pendidikan Ekonomi budaya lokal masyarakat Timor Tengah Utara. Permasalahan ekonomi pendidikan serta budaya merupakan tiga hal yang berkaitan satu sama lain. Pendidikan adalah fondasi untuk memecahkan permasalahan ekonomi paling tidak memimalisirnya. Sementara pendidikan kaitannnya dengan budaya tentunya pendidikan yang baik akan tetap melestarikan budaya yang ada tidak menggeser bahkan menghilangkan budaya yang telah menjadi ciri khas dari masyarakat yang bersangkutan.Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai- nilai perilaku ekonomi dalam budaya lokal masyarakat serta implikasi nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal masyarakat kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Etnografi. Etnografi ditujukan untuk memahami pandangan atau cara hidup seseorang atau sekelompok orang dari cara pandang pelakunya. Kajian mengenai etnografi dalam penelitian digunakan untuk mengetahui hubungan antara nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal keluarga masyarakat Timor Tengah Utara. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat desa Nimasi Desa Oenenu dan Desa Oenenu yang berada di Kecamatan Bikomi Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal masyarakat kabupaten Timor Tengah Utara yaitu nilai Religi nilai humanis dan nilai gotong royong. Sedangkan implikasi nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya masyarakat Timor Tengah Utara yaitu berdampak pada kondisi keluarga kondisi anak budaya dan kondisi sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61374

Actions (login required)

View Item View Item