Pengaruh penggunaan media sosial, locus of control, sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang / Irfan Ismaul Haq

Haq, Irfan Ismaul (2018) Pengaruh penggunaan media sosial, locus of control, sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang / Irfan Ismaul Haq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Haq Irfan Ismaul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sikap Kewirausahaan Locus Of Control terhadap Intensi Berwirausaha Dimediasi Oleh Efikasi Diri pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E. (II) Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Intensi berwirausaha penggunaan media sosial sikap kewirausahaan locus of control efikasi diri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Pengaruh sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Pengaruh locus of control terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap efikasi diri mahasiswa. Pengaruh sikap kewirausahaan terhadap efikasi diri mahasiswa. Pengaruh locus of control terhadap efikasi diri mahasiswa. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensi berwirausaha melalui efikasi diri mahasiswa. Pengaruh sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui efikasi diri mahasiswa. Pengaruh locus of control terhadap intensi berwirausaha mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik path analysis. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang yang berjumlah 382 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 mahasiswa yang terdiri dari program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensi berwirausaha mahasiswa (2) tidak ada pengaruh sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa (3) locus of control berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha mahasiswa (4) tidak ada pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa (5) penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap efikasi diri mahasiswa (6) sikap kewirausahaan berpengaruh positif terhadap efikasi diri mahasiswa (7) tidak ada pengaruh locus of control terhadap efikasi diri mahasiswa (8) efikasi diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan penggunaan media sosial dan intensi berwirausaha mahasiswa (9) efikasi diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan sikap kewirausahaan dan intensi berwirausaha mahasiswa (10) efikasi diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan locus of control dan intensi berwirausaha mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan sebagai berikut (1) Bagi pihak universitas sebagai bahan masukan dan pertimbangan untukii mengembangkan dan merancang metode model-model serta strategi dalam pembelajaran kewirausahaan serta melengkapi program-program wirausaha yang telah dilakukan saat ini oleh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia pihak Universitas diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai alasan atau aturan untuk membuat format program kewirausahaan yang lebih dominan dan meninjol agar semakin banyak lagi mahasiswa yang tahu dan mau berpartisipasi dalam program tersebut (2) bagi pengajar mata kuliah kewirausahaan dapat mengkolaborasikan jaringan sosial dalam proses pembelajaran. Pengajar diharapkan dapat secara proaktif dan mandiri mengembangkan serta membuat metode belajar yang efektif melalui media sosial. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah blended learning di mana pengajar dapat mengkombinasikankan proses pembelajaran di kelas dengan pembelajaran melalui media sosial online sehingga pembelajaran menjadi dinamis dan variatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61372

Actions (login required)

View Item View Item