Pengembangan suplemen bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi keindonesiaan di SMA Negeri 1 Atambua / Vinsensius Nurak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi keindonesiaan di SMA Negeri 1 Atambua / Vinsensius Nurak

Nurak, Vinsensius (2018) Pengembangan suplemen bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi keindonesiaan di SMA Negeri 1 Atambua / Vinsensius Nurak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurak Vinsensius. 2017. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Ekonomi Keindonesiaan Di SMA Negeri 1 Atambua Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasccasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Suplemen Bahan Ajar Ekonomi Keindonesiaan Pengembangan suplemen bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi keindonesiaan dalam pembelajaran dilatar belakangi oleh siswa yang belum mengetahui materi yang berkaitan dengan wawasan ekonomi keindonesiaan dan permasalahan lain yang ada dikelas. Oleh karena itu peneliti berusaha mengembangkan suplemen bahan ajar sehingga dapat membantu guru dan siswa sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran ekonomi berwawasan keindonesiaan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan suplemen bahan ajar ekonomi bagi siswa SMA Negeri 1 Atambua kelas X. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model Dick and Carey (Setyosari 2013 284) yang terdiri dari sembilan tahap yaitu 1) analisis kebutuhan dan tujuan 2) analisis pembelajaran 3) analisis pembelajar (siswa) dan konteks 4) merumuskan tujuan performasi 5) mengembangkan tes unjuk kerja 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif 9) melakukan revisi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ekonomi. Uji coba produk dilakukan pada siswa dan guru matapelajaran. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas X S5. Uji coba produk terdiri dari uji prototype uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan di SMA Negeri 1 Atambua. Jumlah subjek uji coba prototype 2 siswa uji coba kelompok kecil 5 siswa uji lapangan 1 guru matapelajaran dan 28 siswa. Data uji coba diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan suplemen bahan ajar ekonomi yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Kelayakan tersebut nampak dari data kuantitatif dan kualitatif validasi ahli dan uji coba. Berdasarkan hasil validasi ahli tanggapan guru dan tanggapan siswa pada uji coba suplemen bahan ajar sudah termasuk dalam kategori efesien. Hasil uji coba produk dari 13 item pertanyaan untuk mengetahui kelayakan produk. Pertanyaan itu antara lain kualitas tampilan cover 75% topik bahasan 86% sistematika penyajian materi 77% penggunaan materi dalam suplemen 71% kesesuaian materi dengan kompetensi dasar 78% kesesuaian materi dengan ekonomi keindonesiaan 78% memahami dan memaknai nilai-nilai ekonomi keindonesiaan 80% rangkuman 82% evaluasi 70% bahasa yang digunakan mudah dipahami 75% bahasa sesuai EYD 73% istilah mudah dipahami 74% suplemen membantu proses pembelajaran di kelas 80%. Uji coba guru menunjukkan skor 48.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61371

Actions (login required)

View Item View Item