Penerapan media flipchart untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema 7 subtema 2 SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Azza Balqis Suroyya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media flipchart untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema 7 subtema 2 SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Azza Balqis Suroyya

Suroyya, Azza Balqis (2016) Penerapan media flipchart untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema 7 subtema 2 SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Azza Balqis Suroyya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suroyya Azza Balqis. 2016. Penerapan Media Flipchart untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Subtema 2 SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtingsih M.Pd. (II) Prof.Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Media Flipchart Aktivitas Hasil Belajar Fakta di lapangan ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang masih rendah. Selama kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan media flipchart pada tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia Subtema 2 Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia. Media flipchart merupakan lembaran kertas manila berisi bahan/ materi pelajaran yang berukuran 60 cmx 80 cm. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi tes dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pedoman observasi aktivitas siswa dan guru lembar pedoman wawancara dokumentasi foto dan tes. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaguru telah menerapkan media flipchart sebesar 93 75padasiklus I danpadasiklus II meningkatmenjadi 100. Peningkatanaktivitassiswadiperoleh rata-rata padasiklus I yaitu 74 7 dan meningkat padasiklus II menjadi 82 2. Peningkatanhasilbelajarsiswadiperoleh rata-rata padasiklus I sebesar 77 25. Melaluiperbaikanpada media flipchart siklusII mengalamipeningkatan hasilbelajarsiswa 88 6. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini berhasil dikarenakan guru telah menerapkan media flipchart dalam pembelajaran tematik. Meningkatnya aktivitas siswa terlihat pada aktivitas visual lisan menulis dan motorik. Berkenaan dengan itu hasil belajar siswa juga meningkat sesuai dengan aktivitas belajarnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media flipchart dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kecamatan Sukun Kota Malang.Dari hasil penelitian ini kepala sekolah diharapkan dapat memberikan sosialisasi kepada guru untuk menggunakan media flipchart dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini siswa mempunyai semangat dan antusias yang tinggi akibatnya sikap siswa kurang dapat dikendalikan oleh peneliti. Penerapan media flipchart ini dapat dijadikan dasar sebagai penelitian lanjut dengan mempertimbangkan pemilihan kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item