Sengkoen, Yuliati (2018) Pengembangan pembelajaran ekonomi kreatif dalam prakarya dan kewirausahaan / Yuliati Sengkoen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sengkoen Yuliati. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Kreatif Prakarya dan Kewirausahaan Penerapan konsep ekonomi kreatif telah diantisipasi oleh Pemerintah dengan memfokuskan pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian bakat dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual. Diharapkan dengan menerapkan ekonomi kreatif maka akan menciptakan insan yang kreatif dan mampu menciptakan barang dan jasa yang baru atau menjadi wirausahawan yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Pendidikan berupaya dalam meningkatkan jumlah dan perbaikan kualitas lembaga pendidikan yang mendukung penciptaan insan kreatif. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu pertama untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ekonomi kreatif yang valid dan efektif dengan tujuan untuk memudahkan guru dan peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Kedua mendeskripsikan kelayakan pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus RPP buku panduan guru dan lembar kerja siswa. Pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) dengan 6 fase pengembangan diantaranya 1) identifikasi masalah 2) merumuskan produk 3) desain dan pengembangan produk 4) uji coba produk 5) evaluasi kelayakan produk dan 6) komunikasi hasil uji coba produk pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli media dan praktisi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut berada pada kriteria diantara 80% - 100% dengan tingkat kevalidan sangat valid yang artinya dapat digunakan tanpa revisi dengan kriteria sangat baik/sangat layak. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas XI IS 4 (uji coba perorangan kelompok kecil dan uji coba lapangan) dengan hasil 91 65 yang artinya produk yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan. Kemudian didukung dengan hasil post test siswa dengan rata-rata 86 35. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti selanjutnya peneliti mengungkapkan beberapa saran yaitu (1) pengembangan lebih lanjut perlu dikembangkan untuk seluruh aspek yang terkandung di dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (2) pengembangan produk pembelajaran ekonomi kreatif dalam PKWU ini hanya menggunakan pendekatan kontekstual dengan model experiential learning oleh karena itu perlu menggunakan model dan strategi lain dalam penelitian selanjutnya (3) pengembangan selanjutnya juga diperlukan menggunakan media elektronik yang lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61369 |
Actions (login required)
View Item |