Pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten trenggalek / Ayuniva Recinta Nuraeny Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten trenggalek / Ayuniva Recinta Nuraeny Putri

Putri, Ayuniva Recinta Nuraeny (2017) Pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten trenggalek / Ayuniva Recinta Nuraeny Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Ayuniva R.N. 2017. Studi Kasus Pembelajaran Ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten Trenggalek. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Pondok Pesantren. Permasalahan ekonomi merupakan permasalahan kompleks yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ekonomi di Indonesia adalah membentuk modal manusia melalui investasi dalam bidang pendidikan. Pada dasarnya pendidikan pondok pesantren merupakan sistem pendidikan asli Indonesia atau dikenal dengan istilah Indigenious. Keberadaan pondok pesantren tradisional atau pesantren salaf menjadi daya tarik untuk diteliti karena di tengah perubahan modernisasi pendidikan masih ada pondok pesantren yang bertahan dengan sistem salafiyahnya. Jika di dalam pendidikan formal pendidikan ekonomi menjadi kurikulum yang wajib dipelajari oleh para siswa. Namun di pondok pesantren salaf tidak memasukkan pendidikan ekonomi sebagai kurikulum yang wajib dipelajari. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi santrisantri pondok pesantren untuk mempelajari sendiri dan menerapkan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan pada penelitian kualitatif mutlak diperlukan. Kedudukan peneliti adalah sebagai perencana pelaksana pengumpul data analisis data penafsir data dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Peran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai pengamat penuh. Lokasi penelitian bertempat di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab yang terletak di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Jenis data yang akan digunakan adalah data primer yaitu kata-kata tertulis ataupun lisan dari informan dan data sekunder yaitu data tertulis yang berupa dokumen atau arsip sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah santri-santri di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekonomi tidak dilakukan secara formal di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab. Proses pembelajaran tersebut dimulai dari pemberian wawasan kepada para santri tentang produksi distribusi dan konsumsi. Dari wawasan tersebut akan terbentuk sikap serta pada akhirnya akan membangun perilaku tentang produksi distribusi konsumsi dan pengelolaan uang pada masing-masing individu santri di pondok tersebut. Pemberian kesempatan waktu untuk bekerja pada pagi hari menjadikan mayoritas santri dapat langsung mempraktekkan perilaku ekonominya yaitu bekerja di bidang produksi maupun bidang distribusi. Proses pembelajaran ekonomi sangat dipengaruhi oleh lingkungan fisik pondok pesantren. Lingkungan fisik Pondok Pesantren Hidayatut Thullab diantaranya lingkungan pertanian lingkungan industri genteng serta kolam ikan. Dengan adanya lingkungan fisik tersebut dapatmembentuk wawasan santri untuk belajar bekerja dan memiliki sikap mampu bekerja sehingga mereka memiliki keterampilan bekerja. Secara umum santri-santri di pondok tersebut memaknai pendidikan ekonomi sebagai cara individu bekerja mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk Pondok Pesantren Hidayatut Thullab memberikan wawasan dan keahlian kepada para santri dari dalam pondok agar dapat bekerja dan melakukan kegiatan ekonomi lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61367

Actions (login required)

View Item View Item