Peran keberadaan koperasi siswa sebagai laboratorium belajar ekonomi (studi kasus di SMK Se Kecamatan Kuripan Lombok Barat) / Muzawir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran keberadaan koperasi siswa sebagai laboratorium belajar ekonomi (studi kasus di SMK Se Kecamatan Kuripan Lombok Barat) / Muzawir

Muzawir (2017) Peran keberadaan koperasi siswa sebagai laboratorium belajar ekonomi (studi kasus di SMK Se Kecamatan Kuripan Lombok Barat) / Muzawir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muzawir. S.Pd. Peran Keberadaan Koperasi Siswa Sebagai Laboratorium Belajar Ekonomi (Studi kasus di SMKN sekecamatan kuripan Lombok Barat) Kata kunci Koperasi siswa Laboratorium Belajar Ekonomi. Koperasi sekolah sangat penting keberadaannya dalam dunia pendidikan. Adanya koperasi sekolah adalah sebagai wujud dari upaya untuk menanamkan jiwa dan semangat koperasi yang dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Koperasi sekolah didirikan di lingkungan sekolah dan anggotanya terdiri dari siswa-siswi di sekolah tersebut. Pendirian koperasi sekolah ini berperan penting bagi siswa dalam rangka memajukan pendidikan nasional. Sebagai penunjang program pembangunan pemerintah disektor perekonomian melalui program pendidikan koperasi di sekolah menumbuhkan koperasi siswa dan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa membina rasa tanggung jawab disiplin serta setia kawan dan jiwa demokrasi pada siswa-siswa. Tapi permasalahannya masih banyak pendidikan formal yang memandang koperasi siswa hanya merupakan bagian pelengkap dari keberadaan sebuah lembaga pendidikan. Pengelolaannya pun kadang masih belum profesional dan terlihat seadanya.Koperasi siswa merupakan salah satu sarana belajar yang sangat tepat bagi siswa untuk mempraktekkan ilmu yang didapat dikelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat peran keberadaan koperasi siswa di SMK sekecamatan Kuripan Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari keberadaan koperasi siswa sebagai laboratorium belajar ekonomi di SMKN sekecamatan Kuripan kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah pembina koperasi siswa dan siswa yang bertugas sebagai pengurus koperasi siswa prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa obsevasi dokumentasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif dan bersifat induktif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber data dan pengecekan anggota (member check). Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diketahui peran dari keberadaan koperasi siswa sebagai laboratorium belajar ekonomi di SMKN 1 Kuripan adalah (1) membantu memenuhi kebutuhan siswa (2) menumbuhkan rasa tanggung jawab mandiri dan nilai kejujuran (3) mendidik siswa dalm berorganisasi (4) meningkatkan pengetahuan tentang ekonomi siswa. adapun kendala-kendala yang dihadapi koperasi siswa SMKN 1 Kuripan (1) kurangnya kemampuan pengusrus koperasi siswa dalam manajemen perencanaan (plainning) (2) koerasi siswa tidak pernah mengadakan work shop (3) tingkat kedisiplinan sisiwa masih kurang (4) dan kurangnya fasilitas tempat duduk. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi koperasi siswa SMKN 1 Kuripan sebagai berikut (1) merivis program yang di ajukan biar lebih efisien (2) mengadakan work shop setiap 1 bulan sekali untuk menambah pengetahuan siswa tentang koperasi (3) Bagi perkembangan usaha koperasi sekolah hendaknya lebih ditingkatkan lagi sarana dan pra sarana koperasi serta variasi usahanya. (4) menambah tempat duduk di koperasi. Sedangkan peran koperasi siswa SMK 2 Kuripan sebagai laboratorium belajar ekonomi adalah (1) membantu memenuhi segala kebutuhan siswa di sekolah (2) sebagai tempat penjualan barang hasil kreasi dari siswa seperti gorengan dan kentang goreng. Kendala-kendala yang dihadapi koperasi siswa SMKN 2 Kuripan sehingga siswa tidak dilibatkan dalam kegiatan organisasi dan koperasi siswa sebagai berikut (1) Kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap koperasi siswa (2) Kurangnya pengetahuan sisiwa tentang peran penting dari keberadaan koperasi siswa (3) luasnya koperasi masih sempit. Dan upaya yang dilakukan oleh koperasi untuk mengatasi kendala yang ada dalam hal ini pihak sekolah kepala sekolah dan pembina koperasi siswa di SMKN 2 Kuripan adalah sebagai berikut (1) Meningkatkan rasa kekeluagaan dan komunikasi yang baik antar semua pengurus (2) Melibatkan siswa secara langsung dalam berorganisasi (c) Memfasilitasi tempat duduk bagi pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61364

Actions (login required)

View Item View Item