Pengembangan bahan pengayaan prakaya dan kewirausahaan berkelanjutan di SMK Kesehatan Adi Husada malang / Yudo Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan pengayaan prakaya dan kewirausahaan berkelanjutan di SMK Kesehatan Adi Husada malang / Yudo Prayogo

Prayogo, Yudo (2017) Pengembangan bahan pengayaan prakaya dan kewirausahaan berkelanjutan di SMK Kesehatan Adi Husada malang / Yudo Prayogo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogo Yudo. 2017. Pengembangan Bahan Pengayaan Prakarya dan Kewirausahaan Berkelanjutan di SMK Kesehatan Adi Husada Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak. Kata Kunci pengembangan bahan pengayaan prakarya dan kewirausahaan berkelanjutan sekolah menengah kejuruan Menjalankan kegiatan usaha yang terlalu mementingkan keuntungan terkadang dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat. Pemahaman terhadap keuntungan dan efisiensi yang tinggi dalam menjalankan usaha perlu didasarkan pada kepedulian lingkungan dan sosial (kewirausahaan berkelanjutan). Penanaman mental wirausaha yang baik dapat dilakukan secara dini dalam lembaga pendidikan formal di sekolah secara langsung melalui mata pelajaran kewirausahaan. Dari paparan tersebut jelas perlu adanya peningkatan pengetahuan kewirausahaan yang memperhatikan aspek kewirausahaan berkelanjutan melalui kegiatan pendidikan atau pembelajaran didalam kelas. SMK Kesehatan Adi Husada merupakan sekolah kesehatan yang menuju sekolah adiwiyata yang perlu mengintegrasikan wawasan lingkungan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kewirausahaan literatur buku di sekolah masih condong kearah kegiatan prakarya yang belum ada materi tentang kewirausahaan berwawasan lingkungan yang menuju kewirausahaan berkelanjutan. Dari hasil identifikasi di sekolah tersebut diperoleh kesimpulan bahwa SMK Kesehatan Adi Husada memerlukan bahan ajar pendamping buku ajar utama disekolah untuk menanamkan kewirausahaan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan pengayaan yang layak untuk digunakan di kelas X XI dan XII SMK kesehatan adi husada. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Dalam model ini prosedur yang peneliti gunakan terdiri dari 9 (sembilan) tahapan yakni (1) Identifikasi kebutuhan (2) Analisis pembelajaran (3) Analisis pebelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan umum dan khusus (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) Melakukan Revisi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengembangan produk menunjukan bahwa pertama produk buku bahan pengayaan prakarya dan kewirausahaan berkelanjutan bagi siswa kelas X XI dan XII SMK Kesehatan Adi Husada teruji valid dari sudut pandang materi penyajian bahasa dan grafika. Kedua buku bahan pengayaan ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman kewirausahaan berkelanjutan bagi siswa SMK Kesehatan Adi Husada Kota Malang. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Buku bahan pengayaan ini dapat digunakan berdampingan dengan buku teks pelajaran utama yang digunakan di sekolah (2) Pengembangan bahan ajar serupa dapat dilakukan dengan merubah unsur prakarya bidang kesehatan dengan karakteristik lain sesuai dengan arah tujuan prakarya sekolah. ABSTRACT Prayogo Yudo. 2017. The Development of Craft And Sustainable Entrepreneurship Enrichment Materials at Health Vocational High School Adi Husada Malang. Thesis. Economic Education Study Program Postgraduate Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak. Keyword development Enrichment Materials craft and sustainable entrepreneurship vocational high schools Business activities that are too concerned with profits can sometimes have adverse impacts on the environment and society. Understanding of profits and high efficiency in business activities needs to be based on environmental and social concerns (sustainable entrepreneurship). Good entrepreneurial mental cultivation can be done early in formal education institutions in schools directly through entrepreneurial subjects. From the exposure it is clear that there should be an increase in entrepreneurial knowledge that concerns sustainable entrepreneurship through educational activities or learning in the classroom. SMK Kesehatan Adi Husada is a health school that goes to adiwiyata school which need to integrate environmental insight in learning. Based on the results of interviews with entrepreneurship subject teachers the book literature in schools is still on the way to workshops that have no material on environmental entrepreneurship that leads to sustainable entrepreneurship. From the results of identification at the school the conclusion is obtained that SMK Kesehatan Adi Husada require teaching material companion of the main textbook in school to teach sustainable entrepreneurship. This study aims to produce feasible enrichment materials for use in class X XI and XII SMK Kesehatan Adi Husada. This type of research is a developmental study using the Dick and Carey development model. In this model the procedure that researchers use consists of 9 (nine) stages (1) identification instructional goal (2) conduct instructional analysis (3) analyze learner and contexts (4) write performance objectives (5) develop assessment instruments (6) develop instructional strategy (7) develop and select instructional materials (8) design and conduct formative evaluation of instruction (9) revise instruction. Data analysis using quantitative and qualitative. The results achieved in product development activities show that the first product of enrichment Craft and Sustainable Entrepreneurship learning materials for students of class X XI and XII of Adi Husada s Health based Vocational School are validly tested from the material presentation language and graphic point of view. The second enrichment books have proven effective in enhancing the understanding of sustainable entrepreneurship for students of SMK Kesehatan Adi Husada. Some suggestions that researchers can convey are (1) This book enrichment materials should be used side by side with the main textbooks used in schools (2) The development of similar books can be done by altering the elements of health craft with other characteristics in accordance with the direction of the school craft objectives.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61362

Actions (login required)

View Item View Item