Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada kelas IV semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Alif Febrinia Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada kelas IV semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Alif Febrinia Rahayu

Rahayu, Alif Febrinia (2016) Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada kelas IV semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Alif Febrinia Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Alif Febrinia. 2016. Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 di SDN Se- Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd (2) Drs. M. Thoha A.R S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di salah satu kelas IV SDN di wilayah kecamatan Blimbing pada pembelajaran dengan tema Indahnya Kebersamaan ditemukan fakta bahwa setelah guru memberikan tugas kepada peserta didik guru tidak memperhatikan peserta didik dalam mengerjakan tugas tersebut guru justru meninggalkan kelas. Seharusnya guru mengamati peserta didik dan melakukan penilaian kinerja sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pengolahan dan pelaporan penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari guru-guru kelas IV SDN di wilayah UPT Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan jumlah 62 guru kelas IV yang tersebar di 44 SDN dan semuanya ditetapkan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket langsung jenis tertutup. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 20.0. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase dan dikualifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata perencanaan penilaian autentik diperoleh skor 194 dengan persentase 79% sehingga termasuk kualifikasi baik (B). Pada pelaksanaan penilaian autentik diperoleh skor rata-rata 209 dengan persentase 85% dikualifikasikan baik sekali (BS). Pengolahan penilaian autentik diperoleh skor rata-rata 197 dengan persentase 79% dikualifikasikan baik (B). Pelaporan penilaian autentik diperoleh skor rata-rata 243 dengan persentase 97% dikualifikasikan baik sekali (BS). Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang dalam perencanaan dan pengolahan penilaian autentik kurikulum 2013 tergolong baik. Sedangkan untuk pelaksanaan dan pelaporan tergolong baik sekali. Sebagai saran untuk guru dalam merencanakan melaksanakan mengolah dan melaporkan penilaian autentik kurikulum 2013 sebaiknya dilakukan sesuai petunjuk teknis penilaian di SD. Bagi peneliti lain disarankan untuk menambahkan instrumen penelitian berupa panduan observasi atau wawancara. Sehingga hasil penelitian lebih nyata dan tidak sebatas pengakuan dari guru semata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item