Alwi, Ahmad Chafid (2017) Pengembangan home economics di SMA / Ahmad Chafid Alwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alwi Ahmad Chafid. 2017. Pengembangan Home Economics di SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.S. Ak (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata kunci Home Economics pembelajaran aktif Dalam pendidikan ekonomi di Indonesia baik teori yang diajarkan maupun yang terdapat dalam buku pelajaran ekonomi masih berada dalam tataran teori dan terapan saja dan lingkup pembahasannya selalu pada tingkatan regional maupun. Padahal yang dibutuhkan dalam realita ekonomi pendidikan ekonomi diharapkan mampu menyelesaikan masalah individu salah satunya adalah dalam menyelesaikan pemenuhan kebutuhan dan keinginan. Permasalahan dalam pendidikan ekonomi juga memiliki efek domino masalah lain yang bersumber dari masalah pendidikan ekonomi yang dimaksud diantaranya (1) banyaknya anak dibawah umur yang terpaksa bekerja (2) tingginya konsumerisme (3) belum selesainya masalah rumah kumuh (4) masalah pewarisan aset (5) pemenuhan kualitas nutrisi pangan di Indonesia dilihat dari pola pangan harapan dan angka kecukupan gizi masih belum memenuhi standar. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu pertama untuk menemukan hasil pengembangan pembelajaran Home Economics sehingga dapat meningkatkan pemahaman atas ekonomi rumah tangga. Kedua menemukan hasil dan mendiskripsikan kelayakan pembelajaran Home Economics pada siswa SMA. Ketiga menemukan hasil pengembangan pembelajaran Home Economics yang memenuhi kriteria efektif di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan 4D (define design develop dan disseminate). Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif dan kualitatif. Pengembang mengumpulkan data menggunakan angket. Analisis deskriptif digunakan untuk mengolah data dari angket yang diberikan kepada subyek kemudian dilakuakan konversi skor. Selanjutnya data berupa saran dan komentar digunakan untuk melakukan revisi produk. Berdasarkan penelitian pengembangan didapatkan Hasil uji validasi isi menunjukkan 92% (sangat layak) hasil uji validasi media menunjukkan 73% (layak dengan sedikit revisi) uji perorangan memiliki hasil 93% (sangat layak) dan pada uji kelompok terbatas memiliki 91% (sangat layak). Dari uji efektifitas nampak adanya peningkatan dari 66 6% menjadi 80 2%. Hal ini berarti bahwa pengembangan Home Economics sangat layak dan dapat memahamkan peserta didik tentang konsep ekonomi yang paling dasar yaitu pada tataran keluarga. Dimana dibutuhkan beragam literasi untuk memenuhi kesejahteraan individu dan keluarga. Mengingat bahwa kajian Home Economics belum pernah ada di Indonesia maka diharapkan Pemerintah berkenan mempertimbangkannya untuk masuk kedalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Bagi guru yang mengajarkanya disarankan agar membaca terlebih dahulu konsep yang ada didalamnya dan menyesuaikan dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Demi mendukung kesuksesan pembelajaran dukungan dari sekolah berupa laboratorium ekonomi juga sangat diperlukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 00:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61358 |
Actions (login required)
View Item |