Gani, Imam Prawiranegara (2017) Pola pendidikan ekonomi dalam keluarga Bugis ditinjau dari status sosial ekonomi keluarga di Kota Parepare / Imam Prawiranegara Gani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Gani Imam Prawiranegara. 2017. Pola Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Bugis ditinjau dari Status Sosial Ekonomi Keluarga di Kota Parepare. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M. Pd. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo MS. Kata Kunci Pendidikan ekonomi pendidikan keluarga Bugis status sosial ekonomi Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama yangmemiliki peran sangat penting dalam memberikan penanaman penyadaran dan pengembangan nilai moral sosial dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pemahaman dan sikap keluarga mengenai pendidikan ekonomi dalam keluarga 2) mendeskripsikan proses pendidikan ekonomi dalam keluarga Bugis ditinjau berdasarkan status sosial ekonomi keluarga 3) mengeksplorasi nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua dalam pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian etnografi. Penelitian dilaksanakan di Kota Parepare dan sebagai informan yaitu keluarga inti(orang tua-anak) dan tokoh masyarakat Bugis. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pendidikan penghasilan dan pekerjaan mempengaruhi pemahaman dan sikap orang tua dan anak tentang pendidikan ekonomi dalam keluarga 2) Proses pendidikan ekonomi dalam keluarga dapat diberikan pada anak sejak dini melalui proses pembiasaan denganmemberikan nasihat instruksi dan pemberian contoh atau keteladanan 3) Nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua dalam mengajarkan pendidikan ekonomi pada anak dalam keluarga Bugis yaitu nilai hemat nilai kejujuran (alempureng) nilai kekeluargaan nilai kerja keras dan ketekunan (reso na tinulu) nilai malu (siri ) dan nilai pammali. Diharapkan agar keluarga maupun masyarakat dapat memberikan kontribusi dan kepedulian yang lebih besar dalam proses pewarisan nilai-nilai budaya lokal Bugis terkait dengan memberikan pendidikan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari pada anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |