Pengembangan pembelajaran program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPRL) untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan, sikap dan perilaku peduli lingkungan santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah di Desa Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo / Ida Purwami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPRL) untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan, sikap dan perilaku peduli lingkungan santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah di Desa Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo / Ida Purwami

Purwami, Ida (2017) Pengembangan pembelajaran program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPRL) untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan, sikap dan perilaku peduli lingkungan santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah di Desa Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo / Ida Purwami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwami Ida. 2017. Pengembangan Pembelajaran Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan di Pondok Pesantren Miftahul Jannah di Desa Wangkal Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo.Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci pembelajaran kawasan rumah pangan lestari pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan perilaku peduli lingkungan. Penerapan KRPL telah dilakukan pada lapisan masyarakat dan lingkungan sekolah. Namun pada pondok pesantren belum terdapat penerapan KRPL tetapi telah menerapkan program ekopesantren. Ekopesantren mendukung pelaksanaan KRPL di pondok pesantren. Pondok pesantren berpengaruh terhadap program KRPL dalam pengembangan dan peningkatan mutu masyarakat. Santri memegang peran utama sebagai promotor program KRPL sehingga dibutuhkan pembentukan kader lingkungan program KRPL melalui sosialisasi dan pelatihan dengan tujuan agar santri memiliki pengetahuan lingkungan sikap dan perilaku peduli lingkungan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan santri tentang KRPL yaitu dengan menggunakan media sebagai perantara sehingga perlu dilakuakan pengembangan buku petunjuk teknis Program Kawasan rumah Pangan lestari (KRPL) untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan sikap dan perilaku peduli lingkungan santri pondok pesantren Miftahul Jannah di kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo Penelitian pengembangan dilakukan untuk menghasilkan buku petunjuk teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk Pondok pesantren. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate). Efektivitas dilihat dari peningkatan nilai pretes dan postes pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan santri kemudian dibandingkan menggunakan Gain Score. Hasil penilaian ahli materi terhadap validitas materi buku petunjuk teknis KRPL diperoleh persentase sebesar 95 9 % dengan kategori kelayakan sangat tinggi. Hasil penilaian ahli media buku petunjuk teknis KRPL diperoleh persentase sebesar 96 6 % dengan kategori kelayakan sangat tinggi. Hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 91 7 % dengan kategori kelayakan sangat tinggi. Hasil respons siswa terhadap buku petunjuk teknis KRPL pada saat uji coba pendahuluan diperoleh persentase sebesar 79 4% yang berarti bahwa secara keseluruhan buku petunjuk teknis KRPL yang telah dikembangkan memiliki validitas atau kelayakan dan keparatisan yang tinggi dan dapat diuji coba di lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan buku petunjuk teknis KRPL diketahui buku petunjuk teknis meningkatkan pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan santri pondok pesantren dengan kategori peningkatan sedang cenderung tinggi. ABSTRACT Purwami Ida. 2017. The Development of Sustainable Food House Regional Program (SFHRP) Learning to Improve the Attitudes and environmental awareness in Miftahul Jannah Boarding School of Village Wangkal District Gading Probolinggo. Master s Thesis Education of Biology Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Keywords learning sustainable food house regional program environmental knowledge environmental awareness environmental caring behavior. Every province in Indonesia were implement KRPL model. But KRPL has not been implemented yet in boarding school although it has implemented an ecopesantren program. In its application Ecopesantren necessaraly can support KRPL program at boarding school. This boarding school affects KRPL program in developing and improving the quality of the community as to instansiate the induction of education in surrounding villages. As known that the student is the holder of KRPL program so it is needed the formation of environmental cadres of KRPL program through socialization and training with the aim that the student will have environmental knowledge attitude and behavior of environmental care. The efforts to improve the students environmental knowledge about KRPL is by using the media as the perpetrator. Therefore it is necessary to develop technical manual of sustainable food house regional program (KRPL) to improve environmental knowledge attitude and behavior of boarding school students in Miftahul Jannah subdistrict of Gading District of Probolinggo. The development research was conducted to produce technical manual of KRPL for the boarding school. The research and development procedures are integrated into an ADDIE research development model. The effectiveness of the technical manuals that have been produced is seen from the increase of pre-test and post-test score of environmental knowledge environmental care attitude and students environmental caring behavior. the difference between pre-test and post-test compared using Gain Score. The result from expert of the material assessment on the validity of the technical manual material toward KRPL obtained 95.9% with very high feasibility category. The result of expert media assessment of technical manual KRPL obtained 96 6% with very high feasibility category. The results of validation by field practitioners obtained 91.7% with very high feasibility categories while the students response to the KRPL technical manual during the preliminary trial was 79.4% which means that the overall KRPL technical manual that has been developed has high validity or eligibility and can be tested in the field. Based on the results of field trials of KRPL technical manual it is known as follows technical manual improves the environmental knowledge environmental cares attitude and environmental caring behavior of boarding school students in the category of moderate increase tend to be high.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61356

Actions (login required)

View Item View Item