Dampak pembelajaran ekonomi di sekolah dalam membentuk perilaku ekonomi Pancasila siswa / Yadhi Firdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak pembelajaran ekonomi di sekolah dalam membentuk perilaku ekonomi Pancasila siswa / Yadhi Firdiansyah

Firdiansyah, Yhadi (2017) Dampak pembelajaran ekonomi di sekolah dalam membentuk perilaku ekonomi Pancasila siswa / Yadhi Firdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdiansyah Yhadi. 2017. Dampak pembelajaran ekonomi di sekolah dalam membentuk perilaku Ekonomi Pancasila siswa. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.Hj.Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak (2) Dr.Mit Witjaksono Ms.Ed. Keyword Pembelajaran ekonomi perilaku ekonomi ekonomi Pancasila Pendidikan harus mampu melahirkan generasi yang bermutu dan dapat diandalkan dalam menciptakan kedaulatan ekonomi. Untuk mencapai kedaulatan ekonomi maka pembangunan yang dilaksanakan senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai ekonomi yang sesuai dengan ciri lokalitas bangsa yaitu bersumber dari nilai-nilai Pancasila karena Pancasila merupakan filsafat bangsa dan Negara Indonesia. Untuk membangun dan kemudian bisa mengimplementasikan kedalam perilaku ekonomi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila maka melalui pendidikan formal khususnya pembelajaran ekonomi disekolah sangat penting untuk dilaksanakan. Hal ini karena proses pendidikan atau pembelajaran yang berlangsung di lingkungan sekolah merupakan upaya yang strategis untuk membentuk sumber daya menusia sebagai penerus yang mampu bersikap dan berperilaku tidak hanya untuk tujuan saat ini tetapi berorientasi pada tujuan jangka panjang serta mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang pemilihan lokasi penelitian tersebut karena dirasa di sekolah ini sangat tepat untuk menggali dan meneliti tentang perilaku ekonomi yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Grounded theory dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari siswa malalui teknik pengumpulan datanya berupa wawancara. Penelitian ini menghasilkan yaitu proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang yang selama ini sudah berlansung dimana hasilnya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran ekonomi di sekolah tersebut masih terdapat permasalahan atau kendala diantaranya adalah dari tenaga pendidiknya atau gurunya serta meteri pembelajarannya atau buku bahan ajarnya dimana materi pembelajaran ekonomi belum menyentuh nilai-nilai ke indonesiaan sehingga hal ini membuat siswa kurang paham tentang ekonomi yang berbasis ke Indonesiaan berdasar pada Pancasila dan Undang-undang dasar 1945. Masalah tersebut ditambah ketika seorang guru juga tidak diberikan kesempatan untuk mengkreatifkan dalam membuat bahan ajar sendiri sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia atau bahan ajar yang berbasis pada faham pemikiran ekonomi Indonesia yang berlandaskan pada ideologi Negara yakni Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 Kendala lain terdapat pada komponen tenaga pendidik atau gurunya terdapat ketidakmampuan dari seorang guru dalam memahami karakter siswa sebelum dan saat proses pembelajaran ekonomi selain itu dalam proses pembelajarannya cara guru mengajar masih kurang maksimal karena sering kali guru hanya memberikan tugas dan kemudian guru meninggalkan kelas nya sehingga hal tersebut menjadi dampak pula terhambatnya materi yang harus diajarkan dan akan pula menghambat diterimanya materi tersebut dengan baik oleh siswa. Hasil penelitian lain menunjukkan tentang dampak dari proses pembelajaran ekonomi ke dalam perilaku ekonomi Pancasila siswa hasilnya menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekonomi yang berlangsung di SMA Negeri 5 Malang dapat memberikan kontribusi terhadap perilaku ekonomi siswa namun pengaruhnya sangat kecil ketika pembelajaran ekonomi di kaitkan terhadap pembentukan perilaku ekonomi Pancasila siswa karena terdapat faktor lingkungan lain yang lebih dominan dalam membentuk perilaku ekonomi Pancasila siswa. Dari penelitian ini dapat diajukan saran sebagai barikut Bagi Sekolah Menjadikan pembelajaran Ekonomi Pancasila menjadi keutamaan untuk dimasukkan ke dalam kurikulum pelajaran ekonomi sehingga sekolah bisa menghasilkan manusia-manusia yang berjiwa nasionalis yang menjunjung nilai-nilai ke Indonesiaan. Bagi Universitas Negeri Malang dengan adanya penelitian ini bisa digunakan oleh Universitas sebagai bahan masukan untuk mengintegrasikan ekonomi Pancasila ke dalam kurikulum mata kuliah ekonomi yang selama ini masih cenderung mengadopsi gaya pemikiran neo klasik atau neo liberalisme. Sehingga hal ini akan membuat Universitas lebih fungsional sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan kader dan pakar ekonomi yang mempunyai semangat nasionalisme dalam melakukan tindakan ekonominya. Bagi Pemerintah dinas pendidikan temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan untuk memperbaiki kurikulum ekonomi di Indonesia sedangkan bagi peneliti selanjutnya bahwa penelitian ini hanya fokus pada pembelajaran ekonomi di sekolah dalam membentuk perilaku ekonomi pancasila siswa sehingga bagi peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian pada aspek pembelajaran ekonomi diluar sekolah misalkan dari keluarga ataupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61355

Actions (login required)

View Item View Item